UMSU Pertahankan Prestasi, Perguruan Tinggi Terbaik Di Sumatera Utara

Gedung Pascasarjana UMSU

SangPencerah.com- Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sebagai salah satu dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia terus berkembang pesat seiring dengan kepercayaan masyarakat. Hal itu ditandai dengan ke­beradaannya menjadi The Best University di level nasional se­kaligus juga menjadi World Class University.

Prestasi gemilang itu juga diakui Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto yang menilai saat ini UMSU merupakan PTS terbaik di Sumut. Terbukti selain memiliki jumlah mahasiswa terbanyak juga sarana dan prasana memadai dengan kompetensi dosen berkapabel dan prodi yang linier.

Berdasarkan direktori PTS Kopertis Wilayah I Sumut di­nyatakan sesuai dengan landasan dan cita-cita UMSU membangun dan mengembangkan potensi sumber daya manusia berbasis akhlaqul karimah yang unggul dan kompetitif serta membangun peradaban berbasis nilai-nilai, jati diri, karakter dan daya saing bangsa.

Selain itu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam multi dan lintas bidang kajian. Sementara itu dalam visinya UMSU menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan iptek dan sumber daya manusia berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Sedangkan misinya an­tara lain menyatakan juga se­bagai universitas yang men­yelenggarakan penelitian, pe­ngem­bangan iptek serta pe­ngabdian pada masyarakat melalui pemberdayaan dan pengem­bangan kehidupan mas­yarakat.

Di bawah kepemimpinan Dr Agussani, lulusan UMSU diyakini mampu menjadi pemain dalam konteks dunia global dan mampu menemukan sesuatu dalam ber­saing di kehidupan yang kompetitif.

Terpisah Rektor UMSU Dr Agussani menyatakan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap universitas yang dipimpinnya ini. Untuk itu pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan baik dari proses pembelajaran maupun sarana dan pelayanan mahasiswa.

Disebutkannya, upaya per­siapkan lulusan berkompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dalam skala nasional mau­pun internasional, kini sedang melakukan revisi kurikulum. Bahkan salah satu langkah untuk meraihnya UMSU bergabung menjadi anggota pada lembaga pemeringkat universitas dunia di Singapura oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking atau disebut QS World University atau QS Star.

Dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru 2016/2017, UMSU memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa dengan membuka seleksi sebanyak tiga gelombang sejak 4 April sampai 17 Juni 2016. Sedangkan ujian tulis 18 Juni, pengumuman 22 Juni dan daftar ulang 23 Juni – 22 Juli 2016.

“Hal itu dilakukan sebagai bentuk meningkatkan layanan dengan memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa yang berada di luar daerah untuk mendaftar menggunakan alat digital secara online,” ungkapnya.(sp/bm)