Ridwan Kamil : “Saya Alumni Muhammadiyah Juga Lho, Al’Maun Spirit Utama Perubahan”

Ridwan Kamil Saat Memberikan Pidato di Rakernas MDMC

SangPencerah.com– Antusiasme peserta Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan sangat luar biasa ketika Walikota Bandung menyampaikan masteri dalam salah satu sesi. Sambutan semakin meriah saat Ridwan Kamil dalam pembukaannya mengatakan, “….saya ini Alumni Muhammadiyah juga lo, saya alumni TK Aisyiyah Bandung”. Ibu saya seorang dosen, yang senantiasa mendidik saya.

Dalam presentasinya, Ridwan Kamil menyampaiakan perjuangannya dalam membangun Kota Bandung sejak 2013. Berbagai perubahan telah dilakukannya, sebagai pemimpin ia terus melakukan inovasi-inovasi. Diantaranya menyerahkan kewenangan-kewenangan sebanyak 50 % ke Camat, sehingga di Bandung Camat serasa walikota. Lurah-lurah dan camat-camatpun disekolahkan program studi kebijakan publik di Singapura. Untuk melawan rentenir,  mencanangkan program melawan rentenir yang ia populerkan dengan “MELATI”. Masjid Apung terbesar di Dunia juga akan dibangun di Kota Bandung.

Dalam membangun Kota Bandung, ia juga mengajak berbagai kelompok termasuk Muhammadiyah untuk terus melakukan perubahan. Dia juga beberapa kali menyinggung spirit Al Maun yang senantiasa menjadi jiwa perjuangan Muhammadiyah (sp/jwt).