Pangdam V Brawijaya dan Gus Ipul Kagumi Microbus Karya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

SangPencerah.com- Angin segar bisa dirasakan siswa, guru SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, lantaran Microbus Solar Car karya mereka, mendapat apresiasi Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jatim.

Semangat Hardiknas, Pemprov pun memberi dukungan jika mobil listrik tersebut diproduksi secara massal.

Tak terdengar raungan knalpot, namun mobil berbentuk cukup elegan itu tiba-tiba meluncur menjelajah halaman Kantor Gubernur Jatim diiringi tepuk tangan, decak kagum Senin (2/5).

Itulah mobil listrik karya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, yang mampu mencuri perhatian Forpimda Jatim. Mereka tidak henti-hentinya memuji mobil bernama Suryawangsa Arjuna 4.0.

‘’Ini termasuk produksi ramah lingkungan, kitasangat hormati karya anak bangsa. Dan kita dukung supaya terus berkembang,’’ tandas Saifullah Yusuf, Wagub Jatim ketika mencoba mengendarai Suryawasang di Gedung Grahadi, Surabaya

Saat menjajal Suryawangsa, Gus Ipul sapaan akrabnya  tidak sendirian. Dia mengambil inisiatif menyetir didampingi Pandam V Brawijaya Mayjen TNI Sumardi.

Di jok belakang duduk Saiful Rachman, Kadikbud Jatim, sembari memberi gambaran soal kendaraan bikinan SMK 7 Muhammdiyah Gondanglegi itu.

Minibus yang dijajalnya,  dirancang dan dibangun menggunakan sistem ramah lingkungan (ecco green). Karena itulah, kata Gus Ipul, jika diproduksi secara masal, Pemprov Jatim yakin akan diminati konsumen dalam negeri.

‘’Kendaraan ini karya yang luarbiasa. Bila dikembangkan dengan baik dan diproduksi massal, tentu akan membanggakan bangsa. Apalagi, termasuk produksi ramah lingkungan,’’ kilah Gus Ipul sembari terus memutari halaman Grahadi bersama Pangdam, disaksikan peserta upacara Hardiknas 2016.

Sebelumnya Gus Ipul menyebutkan, peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 hendaknya dijadikan momentum memperluas dampak pendidikan untuk kemajuan bangsa. Misalnya, dengan yang diterapkan siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi itu.

Selain itu, pendidikan diperlukan karakter kuat, literasi berkualitas dan memiliki kompetensi bersaing. Semua itu bisa dicapai, jika pendidikan yang diselenggarakan memiliki nilai-nilai moral.

‘’Pendidikan harus menciptakan pribadi-pribadi siswa, yang cerdas dan bermoral tinggi. Bukan mereka yang jujur tetapi malas. Atau rajin tetapi culas,’’ ungkapnya.

Usai upacara, Gus Ipul bersama Pangdam Mayjend TNI Sumardi dan Kepala Dinas Pendidikan Prov Jatim, Dr. Syaiful Rachman, menyempatkan meninjau stand-stand yang berderet rapi di Grahadi.

Diantaranya milik UPT Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan, UPT PPPK Dindik Prov Jatim, serta stand SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi- Malang yang menampilkan Microbus Solar Car.

Upacara Hardiknas diikuti 1.000 peserta perwakilan TNI/POLRI, Satpol PP, Taruna Akademi Angkatan Laut, Resimen Mahasiswa, Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi, perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA di Surabaya, pramuka dan gabungan SKPD Jatim (sp/klikapa).