Keren, SMK Muhammadiyah Temanggung Borong Juara I dan 2 Festival Film Dokumenter

ilustrasi

SangPencerah.com- SMK Muhammadiyah 1 Temanggung kembali menorehkan prestasi gemilang dengan menjuarai Festival Film Dokumenter Kabupaten Temanggung 2016. Festival Film yang digelar bersama Dinas Pariwisata dan Cendekia Mandiri ini diikuti sebanyak 33 peserta.

Guru Multimedia SMK Muhammadiyah 1 Temanggung, Haryanto mengatakan, anak didiknya yang terdiri atas dua kelompok berhasil menjadi yang terbaik menyabet juara 1 dan 2 film dokumenter kategori pelajar.

Juara 1 film dokumenter berjudul Wisata Sejarah Kota Temanggung, dan Wonderful of Pikatan Waterpark menjadi terbaik kedua. “Wisata Sejarah Kota Temanggung menjadi film terbaik pada kompetisi ini.

Karya anak didik kami ini memang memiliki kekuatan pada unsur cerita, narasi, sumber informasi, kualitas gambar, dan dan editing videonya. Film ini menggambarkan berbagai destinasi sejarah yang memang sangat banyak di Temanggung,” ujarnya, kemarin.

Adapun Wonderful of Pikatan, menggambarkan keeksotisan Pikatan Waterpark sebuah kolam renang dengan air kolam langsung dari mata air. Di tempat ini juga terkandung nilai sejarah tinggi tentang sosok paling disegani di era Mataram Kuno yakni Rakai Pikatan.

Daya Tarik

Menurut Haryanto, kedua film tersebut digarap secara sempurna di Surya Creative Studio SMK Muhammadiyah 1 Temanggung, terutama untuk proses editing dan pembuatan narasi. Kuatnya karakter pada film ini menjadi daya tarik tersendiri pada ajang kreativitas untuk pelajar dan umum kali ini.

Atas prestasi itu, para pelajar berhak mendapat trofi, piagam, dan uang pembinaan. Kepala SMK Muhammadiyah 1 Temanggung Mukharom mengaku gembira atas prestasi anak didiknya.

Prestasi kali ini menambah raihan juara, setelah sebelumnya mendapat juara 1 Festival Film Temanggung (FFT) 2015, lalu juara 1 Nasional Festival Film Pendek Indonesia (FFPI) dengan garapan film berjudul ‘’Surya The School Gangs’’. (baca:  http://sangpencerah.id/2016/01/surya-the-school-gangsproduksi-smk-muhammadiyah-temanggung-juara-i-festival-film-tingkat-nasional.html )

“Alhamdulillah, berkat keuletan anak didik dan kesabaran guru pembimbing akhirnya kami bisa menorehkan prestasi membanggakan di dunia perfilman Tanah Air,” katanya. (sp/sm)