Kerahkan 10 Ribu Personel, KOKAM Akan Gelar Apel Akbar di Klaten

Pasukan KOKAM

SangPencerah.com– Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) akan menggelar “Apel Akbar Nasional” bertemakan “Menjaga Pancasila Untuk Indonesia Yang Berkemajuan” di alun-alun Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, (Jum’at, 27/5) mendatang.

Apel Akbar yang akan diikuti 10 ribu personel KOKAM ini bagian dari rangkaian acara milad Pemuda Muhammadiyah yang ke-84.

“Insya Allah juga akan dihadiri juga oleh pihak TNI dan Polri,” jelas Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, pagi ini.

Selain diisi oleh atraksi seni bela diri dan kemampuan aksi cepat tanggap bencana personel KOKAM, sejumlah tokoh juga akan hadir menyampaikan orasi kebangsaan. Antara lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan juga Dahnil sendiri.

Dahnil menjelaskan bahwa Apel Akbar ini merupakan simbolisasi terhadap fungsi dan peran strategis Kokam Pemuda Muhammadiyah Sebagai penjaga kehormatan umat Islam dan muhammadiyah dan merawat sikap “hubbul Wathon minaliman” atau cinta negara.

Cinta negara ini telah menjadi genetika dakwah Pemuda Muhammadiyah seperti yang dicontohkan oleh pendahulu Pemuda Muhammadiyah yakni Jenderal Besar Soedirman yang juga mantan Ketua Cabang Pemuda Muhammadiyah Cilacap.

“KOKAM merasa punya tanggungjawab sejarah merawat Pancasila dan melawan potensi-potensi perusak Pancasila, tetapi tentu dengan cara yang baik dan persuasif mengedepankan nilai-nilai Islam yang telah banyak diadaptasi oleh Pancasila,” demikian Dahnil. (sp/jwt)