Kemenkom Info Tetapkan Siswa SMK Muhammadiyah Rembang Sebagai Duta Museum Penerangan

SangPencerah.com– Siswa kelas X TKR-C SMK Muhammadiyah Rembang berhasil terpilih sebagai duta Museum Penerangan Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika. Siswa bernama Sahad Fadzoli itu mengalahkan 99 peserta lainnya dalam ujian yang dilaksanakan, Selasa (10/5) kemarin.

Kasi Edukasi dan Pelayanan Museum Penerangan, Murni Yanti mengungkapkan, kegiatan pencarian duta Museum Penerangan ini dilakukan di berbagai kota di Indonesia. Selain di Rembang, pencarian duta juga digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jabar dan Jatim.

Tujuan dari pencarian duta ini adalah agar Museum Penerangan bisa disosialisasikan kepada seluruh pelajar di Indonesia. Tugas pokok lainnya dari duta terpilih nanti adalah menyebarluaskan informasi-informasi dari kotanya kepada Museum Penerangan.

Selanjutnya, informasi tersebut akan disebarluaskan kembali oleh Museum Penerangan kepada seluruh masyarakat Indonesia. “Dari Rembang paling banyak kami mencari empat duta. Setelah di SMK Muhammadiyah, kami juga akan mencari duta di SMAN 1 Rembang. Total dari seluruh Indonesia ada 25 duta,” jelas Yanti.

Ia menjelaskan, selain bertugas mencari informasi terkait potensi kotanya, duta juga diberikan kewajiban untuk mengirimkan artikel ke Museum Penerangan. Setiap artikel yang ditulis, duta museum akan menerima imbalan sebesar Rp 100 ribu.

“Kami mempersilahkan kepada setiap duta meseum mengirimkan artikel kepada kami. Artikel yang kami terima akan dihargai sebesar Rp 100 ribu. Itu wujud dari apresiasi untuk mereka. Mereka juga bertugas merubah pikiran pelajar agar memilih ke museum dari pada ke mal,” tandasnya. (sp/sm)