SMP Muhammadiyah Tulangan Gelar Aksi Unik Peduli Nelayan

SangPencerah.com-  Para pelajar dari SMP Muhammadiyah 5, Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar aksi simpatik yang unik dengan bakar-bakar ikan bandeng, dan bagi-bagi stiker ajakan “Ayo Beli Ikan Hasil Nelayan Sidoarjo” di depan kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, Jalan Sultan Agung Sidoarjo, Jawa Timur.

Wakil Kepala (Waka) Humas SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, Sidoarjo, Anik Mujiati mengatakan, aksi para siswa ini merupakan bentuk upaya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat Sidoarjo, agar gemar makan ikan hasil tangkapan nelayan lokal dari Sidoarjo.

“Sebagai warga Sidoarjo kita harus makan ikan hasil tangkapan sendiri. Aksi ini sekaligus memperingati Hari Nelayan Nasional yang diperingati setiap tanggal 6 April,” kata Anik, Rabu (6/4/2016).

Salah satu siswa bernama Moh Azhriel Andhika, kelas VIII menyatakan bahwa, makan ikan itu penting. Selain bergizi, ikan juga merupakan lambang dari Kabupaten Sidoarjo yakni ikon ikan bandeng dan udang.

Di tempat yang sama, Kasi Pembinaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Inang Yudorini mengemukakan, lebih dari 50 persen warga Sidoarjo menggemari ikan. Ia mencontohkan ketika ada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, ikan banyak diminati masyarakat sebagai santapan bersama.

“Warga Sidoarjo masih banyak yang suka makan ikan. Hal itu terbukti pada saat Maulid Nabi Muhammad SAW, ikan dijadikan sebagai lauk,” ujarnya.

Inang mengaku, agar masyarakat Sidoarjo gemar makan ikan, pihaknya sering melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. (sp/redaksikota)