Muhammadiyah Sapen Raih Juara Umum Olimpiade Matematika Se-Indonesia

Kontingen SD Muhammadiyah Sapen
Kontingen SD Muhammadiyah Sapen

SangPencerah.com. – SD Muhammadiyah Sapen berhasil menjadi juara umum dalam ajang final olimpiade Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke-XI  se-Indonesia yang diselenggarakan di Aula Grha Widya Wisuda Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, Sabtu, 16/4/16.  Kegiatan final olimpiade Matematika siswa dan guru diikuti 2000 siswa dan 321 guru dari dari sembilan  provinsi di Indonesia : Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara dan Lampung.

SD Muhammadiyah Sapen dalam kegiatan final tersebut, berhasil meraih 3 medali emas atas nama Marsha Anis Yumna, Alifa Batrisya Nareswari, dan Aydinahasna Huwaidi Aziz. 1 medali perak diraih Muhammad Ridlo dan 4 medali perunggu diraih atas nama Helen Nasyara, Rakha Rizqi, Radja Athaa dan Maulana Satya Adigama.

Heru Wasesa, ST. Kordinator olimpiade Matematika  SD Muhammadiyah Sapen mengatakan peserta lomba dalam kegiatan final merupakan utusan terbaikd ari masing-masing daerah yang lolos dalam tahapan sebelumnya dari babak penyisihan dan semi final. “Sebelumnya peserta final sudah melalui proses seleksi di daerah melalui cabang-cabang yang dibuat KPM, sehingga lomba ini diikuti oleh anak-anak yang merupakan hasil seleksi daerah”, ujarnya.

Selain SD Muhammadiyah Sapen, beberapa sekolah Muhammadiyah lain juga mendapatkan juara, seperti siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Alternatenatif Kota Magelang yang meraih 1 medali perak dan 1 medali perunggu, SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari yang meraih 1 medali perunggu, serta siswa SD Muhammadiyah 7 Bandung yang juga meraih satu medali perunggu.

Kegiatan olimpiade Matematika ini bertujuan untuk mencari bibit unggul dalam bidang Matematika untuk dapat diikutsertakan di lomba internasional, meningkatkan nalar, wawasan, kemampuan dan kreatifitas serta minat siswa dalam pelajaran matematika, mempersatukan siswa-siswi dan guru-guru dari daerah untuk menciptakan suasana yang kompetitif dan untuk mencari guru matematika yang berpotensi. (redaksi)