Luhut Yakin Densus 88 Tidak Bersalah Dalam Kematian Siyono

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut B. Panjaitan melambaikan tangannya usai memberikan keterangan kepada wartawan di kantornya di Jakarta, Kamis (19/11). dalam keterangannya ia membantah keterlibatan dirinya terkait kasus saham kosong PT Freeport Indonesia. Kompas/wisnu widiantoro 19-11-2015

Menko Polhukam, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan pemerintah akan bersikap kooperatif terkait tewasnya terduga teroris Siyono. Menurut dia, jika ditemukan pelanggaran, anggota Densus akan diberikan sanksi.

“Kalau ada yang salah kita nanti lihat. Ada tindakan administrasi atau apa nanti kita lihat,” kata Luhut di Kantor Kemenkum HAM, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (5/4).

Pihaknya masih menunggu hasil autopsi tim forensik. Dia yakin tim Densus 88 tidak melakukan kesalahan dan sudah sesuai prosedur yang berlaku.

“Kita tunggu hasilnya seperti apa. Saya yakin Densus kerja pasti sesuai prosedur,” pungkas dia.

Kematian Siyono dianggap tak wajar dan memicu tudingan bahwa Densus 88 telah melanggar HAM . Itu juga yang menjadi alasan pihak keluarga meminta jenazah Siyono yang sudah dimakamkan, untuk diautopsi.

Hasil autopsi yang dilakukan Tim Forensik Pimpinan Pusat Muhammadiyah menemukan luka bekas kekerasan benda tumpul terhadap jenazah Siyono. Hasil temuan itu pun disampaikan kepada Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Mabes Polri, kemarin. (mdk/sp)