Kemhan Apresiasi Muhammadiyah Lahirkan Kader Jendral Soedirman

Muhammadiyah dan Kemhan jalin kerja sama

SangPencerah.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menandatangai kesepakatan bersama dengan Kementerian Pertahanan dalam rangka pembinaan kesadaran bela negara. Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut kesepakatan bela negara ini sangat penting sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa.

“Hal ini penting bagi kami PP Muhammadiyah sebagai gerakan islam yang hadir sebelum Republik ini lahir dan ikut dalam pendirian bangsa ini. Kami sadar ketika orientasi yang seba pragmatif materi untuk menempuh segala cara guna mencapai tujuan. Hal ini memiliki kecenderungan peluruhan ruh dan cita-cita berbangsa kita,” sebut Haedar Nashir dalam sambutannya, di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (13/4/2016).

Haedar menuturkan sebanyak 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah, kemudian sekolah-sekolah siap untuk menanamkan kesadaran bela negara melalui lembaga pendidikan yang ada.

“Di Muhammadiyah sendiri sejak dulu sudah ada pendidikan kesadaran bela negara yang diterapkan dalam setiap program-program pendidikan. Sehingga kesepakatan ini hanya akan menyambung tali silaturahmi dan mata rantai sejarah yang ada di Muhammadiyah, untuk membangun cita-cita bangsa yang sama,” jelas┬áHaedar.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyambut baik akan kesepakatan bersama pembinaan bela negara melalui lembaga pendidikan Muhammadiyah. Beliau mengapresisasi Muhammadiyah yang telah melahirkan kader tangguh Jendral Besar Soedirman.

“Saya nyatakan terima kasih dan apresiasi saya. Seperti apa yang sudah dijelaskan oleh pimpinan pusat Muhammadiyah apa yang sudah dilakukan tentu sangat luar biasa karena mencakup apa yang kita lakukan. Apa yang akan dilakukan pun tentu akan kongkrit dan langsung pada masyarakat,” jelas Ryamizard.

“Ini akan menjadi landasan sikap dan perilaku bangsa yang ditanamkan melalui lembaga pendidikan Muhammadiyah,” pungkas mantan KSAD TNI. (sp/dtk)