Dalam Waktu 45 Hari, 61 Warga Desa Karanglo Meninggal Dunia

SangPencerah.com- Kabar duka datang dari Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Bagaimana tidak, 61 warganya meninggal dunia hanya dalam kurun waktu 45 hari.

Angka ini cukup fantastis. Mengingat rata-rata angka kematian di suatu desa berkisar antara 4 sampai 5 orang perbulan.

Informasi yang diterima dari blok tuban, kejadian tidak biasa tersebut mulai terjadi sejak minggu kedua di bulan Februari 2016 kemarin. Penyebab kematian beragam, mulai dari sakit paru-paru, stroke, sampai meninggal dunia karena kecelakaan.

“Catatan desa sudah ada 61 warga yang meninggal dunia dalam kurun waktu itu (40 hari),” jelas Kepala Desa (Kades) Karanglo, Sunandar, usai menghadiri pemakaman salah satu warganya, Jum’at (1/4/2016).

Dari total 61 orang, sekitar 60 persen disebabkan sakit paru-paru, 20 persen dikarenakan sakit stroke, dan sisanya adalah warga yang memang sudah berusia lanjut.

Sunandar menjelaskan, usia warga yang meninggal dunia bervariasi, mulai dari 40 tahun sampai 60 tahun. Dia sendiri mengaku baru sekarang menemukan jumlah orang meninggal dunia begitu banyak, dengan kurun waktu sebentar dan terjadi di satu desa.

Meninggalnya warga Desa Karanglo memang tidak terjadi setiap hari. Tetapi, dalam satu hari kematian bisa terjadi antara 2 sampai 4 kali. “Bahkan modin (perangkat desa urusan agama), harus membagi waktu karena sering dalam satu hari ada lebih dari satu orang meninggal dunia,” jelas Sunanda. (sp/bloktuban)