Busyro Tantang BPK Audit Dana Densus dan BNPT

Busyro Muqoddas, Ketua PP Muhammadiyah

SangPencerah.com – Ketua PP Muhammadiyah, Busyro Muqqodas menantang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Pejabat Pemeriksa Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melakukan analisis keuangan terhadap Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang selama ini tak pernah dibuka ke publik. Hal tersebut menurut dia dimaksudkan agar memunculkan keberimbangan karena selama ini yang dirilis ke publik hanyalah aliran dana teroris dari Timur Tengah.

“Kita perlu tahu juga dari mana dana operasional BNPT dan Densus. Ini bentuk kami koreksi bukan karena kami membenci,” tegasnya saat bertemu wartawan di PP Muhammadiyah Selasa (29/3/2016) usai menemui istri Siyono, terduga teroris yang meninggal usai ditangkap Densus.

Selama ini publik hanya kerap mendengar aliran dana kelompok teroris yang didapatkan dari kawasan Timur Tengah saja, namun tak begitu jelas dari mana dana operasional badan anti teroris tersebut. “Harapan saya presiden lekas bergerak seperti saat cepat memutuskan keputusan sektor ekonomi, sudah waktunya dijelaskan, agar sipil tahu dari mana dana BNPT dan Densus,” imbuhnya.

Busyro pun meminta presiden untuk segera membentuk tim independen untuk evaluasi kinerja BNPT dan Densus. “Kalau bisa segera, semoga presiden Joko Widodo bersama Menkopolhukam dan Kapolri mendengar dan segera mengambil keputusan,” pungkasnya. (sp/krjogja)