Home Khazanah 98 % Perempuan Indonesia Tak Tahu Jenis Kelamin Pejuang Rasuna Said

98 % Perempuan Indonesia Tak Tahu Jenis Kelamin Pejuang Rasuna Said

HR Rasuna Said

SangPencerah- Di usia 22 tahun, perempuan pemberani dari Tanah Minang ini berhasil membuat penjajah Belanda kelabakan sehingga menangkap dan membawanya ke pengasingan. Ia adalah Rasuna Said atau yang lebih dikenal sebagai Hajah Rangkayo (HR) Rasuna Said.

Nama perempuan berkerudung begitu familiar di telinga kita karena merupakan nama sebuah jalan utama di Ibu Kota. Meski demikian, tak banyak yang tahu sepak terjangnya.

Berdasarkan wawancara dengan para responden perempuan yang ditemui majalahkartini.co.id, ragam jawaban 98 persen menjawab tidak tahu jenis kelamin HR Rasuna Said dan ada pula beberapa yang hanya menjawab nama tempat.

ajjah Rangkayo Rasuna Said (H.R. Rasuna Said) adalah seorang pejuang kemerdekaan yang dengan gigih memperjuangkan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, sama seperti perjuangan yang dilakukan oleh Ibu Kartini.

HR Rasuna Said dikenal sebagai sosok yang berkemauan keras dan memiliki pengetahuan yang luas. Indonesia yang telah menerima penghargaan sebagai pahlawan nasional Indonesia dari pemerintah. Ia merupakan pejuang (sp/kartini)