Satu-satunya Di NTT, Galeri Investasi BEI di Universitas Muhammadiyah Kupang Diresmikan

SangPencerah.com- Rabu (25/3/2016), Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi beroperasi di Kota Kupang. Pengresmian beroperasinya BEI berlangsung di Aula Universitas Muhammadyah Kupang, yang dilakukan Direktur Utama BEI Indonesia, Tito Sulistio, ditemani Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida, Direktur Utama PT Phintraco Securities, Jeffry Hendrik, Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang, Sandy Maryanto.

Direktur Utama BEI Indonesia, Tito Sulistio, dalam sambutannya usai pengeresmian mengatakan, alasan dipilihnya Kota Kupang sebagai salah satu tempat dibukanya galeri investasi BEI adalah selain memperluas inklusivitas investasi masyarakat ke pasar modal, juga sebagai potensi penambahan jumlah investor dari Kota Kupang.

Terlebih, sambungnya, sejak pertengahan 2014 hingga akhir 2015, rata-rata pertumbuhan ekonomi di NTT berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida, mengatakan, peresmian galeri investasi BEI ini merupakan peresmian ke-12 di tahun 2016. Dan peresmian ini dapat diselenggarakan berkat kerja sama antara BEI, PT Phintraco Securities, dengan Universitas Muhammadiyah Kupang.

Menurutnya, sampai saat ini, jumlah galeri investasi BEI di Indonesia sudah terdapat sebanyak 167 galeri. Dirinya menjelaskan, Kota Kupang khususnya UMK dipilih sebagai lokasi galeri investasi karena Kota Kupang merupakan salah satu daerah dengan pertumbuhan jumlah penduduk kelas menengah yang sangat cepat setiap tahunnya. Dirinya juga menjelaskan, tujuan didirikannya galeri investasi BEI di Kota Kupang adalah untuk pemasyarakatan dan edukasi pasar modal di lingkungan akademisi dan masyarakat sekitar.