Ridwan Kamil : Pemimpin yang Baik itu Menyelesaikan Amanahnya Sampai Akhir

Ridwan Kamil
Meskipun peluangnya besar, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, telah memutuskan untuk tidak maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Ia memilih tetap memimpin Kota Bandung sampai masa akhir jabatannya.
Arsitek yang akrab disapa Emil itu tidak mengungkapkan banyak alasan. Yang utama, adalah karena saat ini dia baru tiga tahun duduk sebagai Wali Kota Bandung. Ada dua tahun sisa amanat dari warga yang mendukungnya untuk menyelesaikan tugas sebagai Wali Kota.
“Pertimbangannya hanya satu. Tugas saya belum selesai di periode pertama (jadi Wali Kota Bandung),” ujar Emil dalam konferensi pers di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Bandung, Jabar, Senin (29/2/2016).
Ia mengakui, sosok Ibunda juga menjadi salah satu alasan Emil dalam mengambil keputusan besar ini. Sang ibu berpesan agar anak kedua dari lima bersaudara itu menuntaskan kepemimpinannya di Kota Bandung hingga akhir masa jabatan.
“Saya ingat pesan Ibu saya, bahwa pemimpin yang baik itu yang menyelesaikan amanahnya sampai akhir jabatan,” ungkap Kang Emil.
Emil memnta maaf jika keputusan tersebut mengecewakan semua pihak yang mendukungnya untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2017.
“Saya mohon maaf kepada pihak-pihak yang bersemangat menyampaikan aspirasi agar saya maju ke Jakarta di tahun 2017. Insya Allah semua indah pada waktunya,” tandasnya. (sp/detik)