Dr.Abdul Mu’ti : Siyono Bukan Warga Muhammadiyah, Advokasi Murni Kemanusiaan

Dr Abdul Mu'ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah

SangPencerah.com – Proses pembelaan yang dilakukan terhadap keluarga almarhum Siyono masih berlangsung. “Almarhum Siyono bukanlah warga Muhammadiyah. Namun pembelaan Persyarikatan terhadap kematian Siyono  karena alasan kemanusian”, Tegas Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Dr Abdul Mu’ti, Rabu (30/3). Menurutnya, pembelaan terhadap  Siyono didasari oleh alasan kemanusiaan. Muhammadiyah melihat ada potensi pelanggaran HAM oleh Densus 88.

Menurut Mu’ti, Siyono dan keluarga adalah pihak yang teraniaya dan terzalimi. Pembelaan Muhammadiyah sejalan dengan ajaran amar ma’ruf nahi munkar,  penegakan hukum yang adil dan perlindungan HAM.

Karena itu tidak seharusnya masyarakat dan aparat menghalangi otopsi oleh pihak yang berwenang. Muhammadiyah mendukung investigasi Komnas HAM untuk mengungkap penyebab kematian Siyono.

Mu’ti  menegaskan, Muhammadiyah menentang keras setiap bentuk terorisme dan mendukung sepenuhnya pencegahan dan pemberantasan terorisme.Akan tetapi Muhammadiyah tidak setuju dengan pendekatan yang militeristik dan pre-emptive yang berpotensi melanggar HAM. (sp/suaramuhammadiyah)