Cucu Jokowi, Satu Diantara Jutaan Bayi Yang Lahir di PKU Muhammadiyah

SangPencerah.com-Cucu pertama Presiden Joko Widodo lahir di RS PKU Muhammadiyah, Solo, Jawa Tengah, Kamis (10/3/2016). Anak pasangan Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda lahir pada pukul 09.28 WIB. “Beratnya 3,09 kilogram, prosesnya cepat,” ungkap Gibran Rakabuming Raka saat jumpa pers di RS PKU Muhammadiyah Solo, seusai istrinya melahirkan.

Sedangkan panjang bayi berjenis kelamin laki laki itu adalah 48,5 cm. Gibran enggan membeberkan nama anak pertamanya. “Nanti saya beri tahu,” elaknya, sambil promosi bisnis kuliner pastel buntelnya.

Kelahiran cucu pertama Jokowi ditangani oleh dokter spesial kandungan Soffin Arfian dan dokter spesialis anak Rusmawati. Selvi Ananda masuk ke RS PKU Muhammadiyah pada pukul 07.03 WIB.  Direktur RS PKU Muhammadiyah Solo Mardiatmo menyatakan kelahiran cucu pertama Presiden Jokowi dilakukan secara cesar.

PKU yang merupakan Amal usaha milik persyarikatan Muhammadiyah ini dulunya adalah balai pengobatan mata, yang sudah melayani rakyat dari berbagai kelas jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni pada 1927. Seiring waktu, klinik mata itu berkembang menjadi balai pengobatan umum dan rumah bersalin Muhammadiyah pada 1933. Sejak 1985, namanya berubah menjadi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.

Kelahiran cucu presiden ini merupakan satu diantara jutaan bayi yang telah dilahirkan di amal usaha kesehatan Muhammadiyah. Seperti ungkapan Jokowi pada pembukaan Muktamar Muhammadiyah ke-47 yang lalu :

“Negara ini benar-benar berhutang kepada Muhammadiyah.  Bayangkan berapa ratus ribu bahkan jutaan bayi, anak bangsa ini, yang telah lahir di  rumah sakit PKU  Muhammadiyah atau klinik bersalin Aisyi’ah di seluruh pelosok negeri ini. Berapa juta orang yang menyelesaikan pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Belum lagi panti asuhan, koperasi, baitul mal dan amal usaha lainnya. Sekali lagi, kita semua menaruh hormat dan berterima kasih pada kontribusi Muhammadiyah bagi bangsa ini.”