81 Tahun SD Muhammadiyah 6 Genteng : SD Tertua, Jawara Matematika Se-Asia Tenggara

SangPencerah.com- SD Muhammadiyah 06 Genteng dengan sebutan SD Menteng pada hari Sabtu, 26 Maret 2016 bertepatan dengan 17 Jumadil Akhir 1437H memperingati kelahirannya yang ke-81 (1935-2016). Sekolah yang semula berjuluk Arabische School itu mengadakan berbagai even, diantaranya “Unjuk Prestasi untuk TK” dan Bazar Murah dan Sehat yang dilaksanakan oleh ibu-ibu orangtua/wali SD Muhammadiyah 06. Acara yang sangat meriah dengan mengaangkat tema “Gerakan Pencerahan mewujudkan Generasi Unggulan”  itu secara resmi dibuka oleh Penasihat PDM Banyuwangi periode 2015-2020 yang juga mantan ketua PDM H.Abdul Mun’im, SH. Kepala SD Muhammadiyah 06 Genteng Imam Sujaet, S.Pd mengatakan bahwa acara yang digeber tahunan itu untuk mengukur diri dari perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai oleh lembaganya. Sekolahnya telah mampu menggapai segudang prestasi, baik akademik maupun non akademik diantaranya Juara 2 Tryout US se-Kabupaten Banyuwangi (2015), Juara 1 English Reading Competition (2015), Juara 1, 2, dan 3 Lomba Sains (New Era Mencari Bintang) Tingkat Kabupaten (2015), Juara 2 Olimpiade IPS di BUMA Competition Week tingkat Karesidenan Besuki dan Bali (2016), Juara 1 Paduan Suara se-Banyuwangi (2015), Juara 2 Mewarnai se-Kabupaten (2015), Juara Festival Anak Sholeh se-Kabupaten (2015), Juara 3 LUG Drumband Bupati Cup (2016), Juara Harapan 3 Kirab Drumband Bupati Cup (2016) dan Juara 1 Lompat Tinggi tingkat Kabupaten (2016).

Dewan Guru SD Muhammadiyah bersama Penasehat PDM Banyuwangi
Dewan Guru SD Muhammadiyah bersama Penasehat PDM Banyuwangi

SD Swasta tertua di Banyuwangi yang pernah menjadi juara Lomba Matematika se-Asia Tenggara itu hingga kini terus mengembangkan kinerja dan kompetensinya. Imam Sujaet menambahkan, bahwa untuk menyalurkan bakat dan talenta anak didik, sampai hari ini sekolahnya  menyelenggarakan beragam ekstra kurikuler (ekskul) yang meliputi Tartil dan Tilwah Al-Quran, Hafidz Quran, Tapak Suci, Sepak Bola, Hizbul Wathan (HW), Drumband, Paduan Suara, Seni Tari, dan Pantomim. Sementara itu ketua panitia milad, Mas’udi, S.Pd menjelaskan bahwa acaranya bukan semata-mata untuk tujuan finansial, akan tetapi SD Menteng ingin membangun komunikasi positif antara sekolah, orangtua, dan masyarakat tanpa sekat. Mas’udi menambahkan, bahwa Animo masyarakat sangat tinggi kepada SD Menteng, karena sekolah ini berhasil mewujudkan visinya yang tegas yaitu Hidup Islami, Berprestasi Tinggi, dan Teladan Insani.

Unjuk Prestasi tingkat TK yang digelar setiap tahun itu menjaring sekitar 400 peserta dari puluhan TK se-Kecamatan Genteng dan sekitarnya. Mereka  antara lain dari TK ABA, TK Pertiwi, TK Bhayangkari, TK Al Uum, dan TK Khodijah. Peserta harus menjawab soal secara tertulis sebanyak 35 dalam bentuk pilihan ganda (multype choise) dan jawaban singkat (short answer). Soal termasuk dalam kategori IPC atau Ilmu Pengetahuan Campuran.  Acara Milad SD Menteng ke-81 itu dilaksanakan mulai pukul 07.00 hingga tengah hari. Selamat Milad ke-81 SD Muhammadiyah 06 Genteng, semoga tugasmu dalam membangun dan mengantarkan anak bangsa hingga tumbuh budi pekerti yang luhur (akhlakul karimah) pada diri anak didik senantiasa diridloi olehNya.(redaksi)

Kontributor : Hafez Rusydi, aktivis Muhammadiyah Genteng-Banyuwangi