Seperti Ini Cara Bersedekah Siswa SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur

jumlah siswi Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur tunggu stand makanan untuk kemudian dibagikan secara gratis kepada para jemaah shalat Jumat.
jumlah siswi Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur tunggu stand makanan untuk kemudian dibagikan secara gratis kepada para jemaah shalat Jumat.

SangPencerah.com– SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur dorong siswa gemar bersedekah. Salah satunya dengan menerapkan program Jumat Bersedekah (Jumqoh) yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Setiap hari Jumat setiap siswa dianjurkan utuk mengumpulkan sejumlah uang kemudian dibelikan makanan ringan, setelah itu makan tersebut dibagikan kepada para jemaah masjid yang melaksanakan shalat Jumat.

“Kegiatan Jumat Bersedekah sengaja dibuat untuk menanamkan jiwa sosial anak sejak dini, agar mereka gemar bersodakoh,” terang Kepala SD Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur Muharam.

Dijelaskannya, siswi perempuan yang tidak melaksanakan shalat Jumat dengan kompak mempersiapkan makanan di stand yang telah dipersiapkan, untuk disantap oleh para jemaah usai melaksanakan shalat Jumat.

“Supaya anak merasa terbiasa memberi kepada sesama,” jelasnya.

Menurutnya, dana yang dikumpulkan tidak hanya bersumber dari para siswa, namun sebagian diambil dari para dewan guru.

“Apabila ada pihak lain yang ingin ikut menyumbang, bisa disampaikan ke sekolah untuk kemudian dibelikan makanan untuk dibagikan,” tuturnya. (sp/rc)