Warsito Pilih Kembangkan Temuan Anti Kankernya di Luar Indonesia

Doktor Warsito Taruno akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Indonesia dan memilih mengembangkan Electro-Capacitive Cancer Therapy (ECCT) anti kanker di Warsawa Polandia.

Keputusan besar ini diambil Warsito setelah klinik risetnya ditutup oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dan tidak jelasnya dukungan Pemerintah Indonesia untuk pengembangan temuanya.

“Dua kementerian yaitu, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Riset dan Teknologi sudah berbulan-bulan, sejak akhir tahun lalu, mengevaluasi teknologinya. Namun evaluasi belum selesai, malah kedua kementerian itu masih butuh waktu lagi untuk evaluasi” ujar Warsito sebagaimana dilansir viva , Kamis (11/2/2016).

Saat ditanya mengapa Polandia menjadi negara pilihanya, Warsito menjelaskan bahwa sudah sejak tahun 2015 ada lembaga di Kota Warsawa Polandia tertarik dengan teknologi ECCT temuannya.

Namun saat itu Warsito tidak merespon karena masih berharap Pemerintah Indonesia memberikan dukungannya.

“Tadinya kami kurang begitu merespons, tetapi karena mereka sangat antusias dan kondisi dalam negeri tak kondusif, akhirnya kami lebih fokus ke sana (Polandia)” jelas Warsito.