Saat Musda, Keluarga Besar Alm. Yunus Kadir Serahkan Gedung Dakwah Toraja ke Muhammadiyah

Keluarga Alm Yunus Kadir Serahkan Gedung Dakwah Toraja ke Muhammadiyah

 

SangPencerah.com — Keluarga besar almarhum (Alm) M Yunus Kadir menyerahkan Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tana Toraja, Ahad (7/2).

Hadir dalam penyerahan dan syukuran ini, Pimpinan Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Prof DR Haedar Nasir, Sekretaris Daerah Tana Toraja, Enos Karoma.

Seluruh Keluarga Besar almarhum M Yunus Kadir hadir dalam acara tersebut. “Saat Saya di atas mobil bersama ayahanda, beliau mengucapkan janji akan buat pusat dakwah, lalu 2009 mimpi itu terwujud,” ujar putra M Yunus Kadir, Yunan Yunus Kadir dalam sambutannya mewakili keluarga. Ia juga meminta kepada kader Muhammadiyah Tana Toraja untuk menjaga dan merawat gedung tersebut. “Sembilan bulan kami terpuruk setelah kepergiaan ayahanda, mohon gedung ini dirawat dan keluarga tetap akan memantu dalam merawat gedung ini,” tambah Yunan.

Muhammadiyah di Tana toraja dibentuk oleh kader Muhammadiyah Cabang Palopo. Kala itu, kader Muhammadiyah Palopo membentuk group Muhammadiyah Rantepao-Makale. Pada tahun 1935 Muhammadiyah resmi berdiri di Toraja. Terpilih sebagai ketua pertama kala itu S Mahmud dan Abdul Gani sebagai Sekretaris. Pada tahun 1936, Muhammadiyah mendirikan pesantren. (sp/tri)