PDM Surabaya Dilantik: Akan Perbanyak Sekolah Muhammadiyah yang Berkualitas

SangPencerah.com — Muhammadiyah Surabaya akan menambah lembaga
pendidikan hingga tahun 2019. Rencana penambahan lembaga ini
diantaranya mendirikan 1 SMK, 2 SMP dan sejumlah SD. Juga menambah kualitas sekolah yang ada dengan penambahan ruangan baru.

“Utamanya, kami akan menambahkan SMK untuk mendukung program
pemerintah. Apalagi kami hanya punya 2 SMK,” jelas Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya, Dr Mahsun Djayadi Mag usai dilantik di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Senin (8/2).

Dikatakan Mahsun, akhir tahun 2016 sudah terbentuk tim pendirian untuk
SMK yang direncanakan berada di wilayah Kenjeran ini. Saat ini masih dalam tahap persiapan untuk mengelola tanah milik Muhammadiyah Surabaya itu untuk SMK Kelautan. “Kami akan menilai kesiapan semua aspek mulai sarana prasarana dan tenaga pendidiknya,” tegasnya.

Selain menambah sekolah kejuruan, prioritas lainnya yaitu menambah ruang kelas baru bagi sekolah Muhammadiyah yang sedang berkembang. Kemudian perencanaan penambahan SMP dan SD sesuai permintaan. Seperti permintaan penambahan sarana di daerah Ampel dan permintaaan mendirikan sekolah baru juga. “Yang pasti nanti kami petakan dulu sekolah-sekolah yang berkembang dan yang belum bisa berkembang, apa masih perlu ditambah lembaga baru atau hanya ditambah sarana sekolah yang ada,” tuturnya.

Melihat perkembangan sekolah Muhammadiyah saat ini, tidak dipungkiri sebagian sekolah sudah mampu melakukan pengelolaan dana secara mandiri. Sedangkan sisanya masih cukup kesulitan dalam pengelolaan dan pengembangan sekolahnya. “Untuk menyiasati perbedaan perkembangan sekolah Muhammadiyah ini, akan ada namanya pengalihan dana sekolah yang kuat ke yang kurang. Jangan sampai terus seperti selama ini yang bagus mengabaikan yang lain,” terangnya. (sp/li)