Muhammadiyah Dan Aisyiyah Tubaba Akan Gelar Musda

Sangpencerah.com — Dua organisasi keagamaan di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dalam waktu dekat akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda). Kedua ormas Islam tersebut adalah Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan PD. Aisyiah Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Menurut keterangan Humas Panitia Musda, M. Febri Aryono,M.Pd, penyelenggaraan Musyawarah Daerah ini adalah Musda ke-2 PD. Muhammadiyah dan Aisyiah Muhammadiyah. “Panitia sudah menetapkan rencana pelaksanaannya nanti pada 5-6 Februari di kompleks amal usaha Muhammadiyah di gedung SMK Muhammadiyah-Tumijajar. Mohon doa restunya agar bisa berjalan lancar, sukses dan tertib sebagaimana direncanakan,” kata Febri Aryono disamping Ketua Panitia Pelaksana H. Sumiadi.

Info yang didapat dari Ketua Panitia Pemilihan (Panlih), H.Susilo Aris Nugroho,S.Th.I. Panlih sudah mengantongi sekitar 33 nama kandidat ketua.

Susilo Aris Nugroho mengatakan bahwa agenda Musda ini merupakan arena untuk penyatuan amal shalih dan penyatuan dalam menjalankan amanat dan bukan sarana untuk berebut kekuasaan.

Seorang senior di Muhammadiyah Tubaba yang enggan disebut namanya mengatakan Panlih di Musda ini banyak merekrut generasi muda untuk regenerasi di organisasi. Tetapi nama senior Setiya, S. Pd tampak menguat untuk dijagokan mengantikan H. Slumun. “Tradisi di Persyarikatan Muhammadiyah tidak mengenal istilah perebutan kursi untuk saling berebut menjadi pimpinan, namun pimpinan yang terpilih merupakan usulan anggota Muhammadiyah melalui masing-masing Pimpinan Cabang dan akan disaring untuk kemudian ditetapkan menjadi 11 orang formatur dalam Musda guna menentukan kepemimpinan periode mendatang,” terang Susilo Aris Nugroho kepada Gerbang Sumatera.

“Para kandidat ini yang akan menentukan siapa yang dapat amanah memimpin Muhammadiyah kedepan, meskipun demikian suara terbanyak juga tidak serta merta diangkat menjadi ketua. Musyawirin akan memutuskannya berdasarkan azas musyawarah mufakat,” tandas Suailo Aris Nugroho.

Untuk diketahui, tradisi yang dikembangkan di ormas Muhammadiyah pemilihan ketua PD. Muhammadiyah maupun ketua Aisyiah Muhammadiyah itu dalam satu paket.

Bersamaan dengan penyelenggaraan Musda tersebut, juga akan diadakan Musda Pemuda Muhammadiyah Tubaba yang akan diikuti oleh seluruh utusan Pimpinan Cabang dan Ranting Se-Kabupaten Tubaba serta para penggembira, simpatisan dan warga Muhammadiyah. “Agenda utama dari musda ini adalah pemilihan Pimpinan Daerah, menetapkan program kerja dan rekomendasi organisasi,” ujar Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah H. Slumunyang juga Penanggung jawab Panlih Musda ke-2 Muhammadiyah Tubaba kemarin.

Dikabarkan Bupati Tubaba Umar Ahmad, selain mendukung penuh kegiatan ini ia juga dipastikan akan menghadiri hajatnya Persyarikatan yang didirikan KH. Ahmad Dahlan ini.

Umar Ahmad berharap Musda berlangsung lancar dan menghasilkan pengurus yang mempunyai visi dan misi untuk membangun daerah menuju daerah yang bermartabat dan berkemajuan. “Sejauh ini peran dan sumbangsih organisasi Muhammadiyah sudah sangat baik bagi daerah dan kedepan semoga Muhammadiyah di Tubaba semakin maju seiring dengan perubahan zaman,” ujarnya. (sp/gsn)