Muhammadiyah Bagian dari Solusi, Bukan Menjadi Masalah

SangPencerah.com – Muhammadiyah bagian dari solusi bukan menjadi masalah. Oleh karena itu, memberikan bantuan kepada Muhammadiyah sama halnya membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat. Gerakan Muhammadiyah Lampung Tengah idenya harus mampu menjadi konsep ideal bagi konsep pembangunan Lampung Tengah.

Penegasan itu di sampaikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, Prof.DR Marzuki Nur, Perhelatan musyawarah daerah (Musda ) ke XI Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lampung Tengah, hari ini Sabtu ( 20/2).

Menurutnya, Muhammadiyah itu unggul karena kekuatan gerakannya di Persyarikatan yang kaffah, dan istiqomah. Berpersyarikatan lebih dari sekedar berorganisasi, integratif antara fisik atau intensitas, strategis, norma dan nilai-nilai. Muhammadiyah selalu hadir menjadi  solusi persoalan ummat yakni sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna gerakan Islam. Sedang metodologi gerakannya, adalah emansipasi atau yang lebih popular amar ma’ruf, liberasi atau nahi munkar, dan transenden atau tu’minunabillah, serta bergegas dalam kebaikan dan kompetitif atau fastabiqul khairat. ”Konten gerakannya adalah gerakan Islam atau beridiologi, berkepribadian dan berprilaku Islam,”tegasnya.

Misi emansipasi, kata Marzuki, merupakan proses upaya memanusiakan manusia. Sedang misi liberasi bukan leberalisasi adalah pencerahaan gerakan pembebasan dari ketertinggalan di bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan. ”Semua merupakan alat kita untuk beribadah kepada Allah,”tegasnya.

Oleh karena itu, konsep kemajuan Muhammadiyah ada tiga indikator yakni kemajuan di bidang pendidikan, dalam artian semua alumni dari lembaga pendidikan Muhammadiyah bukan hanya sebatas menjadikan orang pintar tetapi juga berilmu yang mampu memberikan manfaat bagi kebaikan orang banyak. Sedang kemajuan di bidang ekonomi, mampu menyejahterakan masyarakat dengan membuang sekat antara si miskin dan si kaya. Lalu kemajuan kesehatan adalah terwujudnya mansia yang memiliki kualitas kesehatan yang baik.  ”Transenden atau tu’minunabillah bermakna apapun yang kita lakukan semua di kembalikan kepada kekuasaan Allah,”katanya.

Musda dibuka oleh Bupati Lampung Tengah Mustafa . Musyawarah yang berlangsung selama dua hari di SMA Trimurejo itu, akan menentukan arah perjuangan PDM Lampung Tengah kedepan. Pembukaan Musda yang digelar di Lapangan Kelurahan Adipuro Kecamatan Trimurejo, Lampung Tengah ini diawali dengan penampilan tari sembah oleh siswa TK ABA Aisyiyah Trimurejo, di hadiri sekitar seribuan warga Muhammadiyah dari perwakilan Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting serta Ortom Muhammadiyah se Lampung Tengah.

Pada kesempatan itu Bupati Lampung Tengah Mustafa, berjanji akan mendorong bagi percepatan pendirian Perguruan Tinggi yang tengah di rintis PDM Lampung Tengah. ”Kedepan saya siap berbuat dan membantu Muhammadiyah Lampung Tengah,”tegasnya.

Untuk kemajuan Kabupaten Lampung Tengah dan Muhammadiyah di Lampung Tengah, Mustafa, minta agar pengurus Muhammadiyah mampu menyingkronkan antar program kerja Muhammadiyah dengan program pembangunan Lampung Tengah. ”Musda harus mampu menyusun program kerja yang benar-benar mampu meningkatkan kemajuan Muhammadiyah maupun Lampung Tengah,”katanya.

Agenda musda tersebut selain menyusun program kerja juga memilih Pimpinan Daerah  Muhammadiyah (PDM) Lampung Tengah untuk lima tahun kedepan. Sebelumnya Panitia Sembilan telah melakukan penjaringan calon-calon pimpinan daerah, dari 33 orang yang menyatakan kesediaannya untuk di calonkan menjadi pimpinan telah dilakukan pemungutan untuk dikerucutkan menjadi 26 orang. Lalu ke 26 orang yang terpilih kembali dipilih 9 orang untuk ditetapkan masuk bursa  calon pimpinan, yang kemudian  dilakukan pemilihan Ketua Pimpinan Daerah periode 2015-2020 pada Musda ke XI.  Ke 26 orang yang lolos tahap penjaringan calon Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lampung Tengah  adalah Aceng Nurdin, S.H.I; Ahyaruddin, S.Pd.I ; AB Azis,SPd;, Drs.Azis Sukarsih;, Drs.A.Helmi, M.M;,Drs. Dahlan Daruri;, Eko Yuwono, S.P;, Hairuddin, S.B.A;, Idam Kholid; Drs. Imam Qumaruddin;,Ir. Listiawan ;.  Kemudian Drs. Machrus Harjono; Drs.M Maksum;  M. Sugiyanto.S.E; Mursal MA, S.Pd; Drs.Sabdo, M.Sos.I; Sarbani, S.Sos,:Sutiman,M.Pd,; Drs.Subandi,; Ir.Sumaidi,M.M,; Supriyanto,; Drs.Suharlan, M.Pd,: Drs. Suharyanto,; Drs. Sukuni,; Drs.Slamet Damami,: Syamsul Amin, S.Pd.I,; Drs.Wasit Mahbubillah.(sp/mch)   

Reporter : Supriyanto Yanto