Matematikawan Kecil Muhammadiyah Go International

SangPencerah.com – Rara, begitu gadis cilik ini disapa oleh teman sebayanya. Siswi SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus yang menduduki kelas 4 ki Hajar Dewantara ini tergolong salah satu anak yang multitalenta. Di samping kecintaannya pada dunia eksak, anak ini juga berbakat dalam bidang olah raga dan seni. Berbagai kejuaraan pernah ia raih, mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Nasional. Bahkan, bulan April mendatang, gadis bernama lengkap Fathiyya Salsabila Az Zahra ini akan go International ke Thailand.

“Saya sangat bangga pada anak ini” , begitu tutur Ustad Jamaluddin Kamal selaku kepala SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Sekilas anak ini memang tampak biasa, tak ada yang istimewa, bahkan di kelas termasuk golongan anak kinestetik. Namun, prestasi yang diukir luar biasa.

Kejuaraan terakhir yang baru Rara raih yaitu lolos WOSAMAC (World Sakamoto Mathematics Championship) 2016 di tingkat Nasional dan akan maju ke tingkat International di Bangkok, Thailand pada bulan April mendatang. Awalnya, anak ini memang menekuni Matematika di bimbingan belajar sakamoto semenjak duduk di kelas 2 SD.

Tahun 2015 lalu, Rara juga mengikuti WOSAMAC 2015 namun belum berhasil lolos di tingkat Wilayah Jawa Tengah. Kegagalan itu ternyata tidak memudarkan semangatnya untuk tetap belajar dan terus belajar. Anak ini memang cukup menyukai dunia kompetisi sejak kecil. Hingga kemarin tanggal 24 Januari , Rara kembali mengikuti WOSAMAC 2016 di Hotel Grand Candi Semarang sebagai perwakilan dari Japanese Mathematics Center (JMC) Kudus dan berhasil masuk 10 besar dari ratusan peserta hingga akhirnya bisa mewakili Jawa Tengah untuk maju ke tingkat Nasional di Jakarta.

“Saya menaruh harapan besar pada tanggal 14 Februari 2016 nanti ketika Rara berkompetisi tingkat Nasional di hotel All Season Jakarta, Semoga Rara bisa mewakili Indonesia ditingkat International”. Begitu kata Umi Marhen selaku Ibu kandung Rara. Harapan keluarga dan segenap guru SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus pun terkabul dengan masuknya Fathiyya Salsabila Az Zahra ke dalam perwakilan 20 besar Matematikawan yang akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi di tingkat International. Bahkan, Rara adalah satu-satunya peserta berhijab yang berhasil lolos. Anak ini sama sekali tidak minder, bahkan ia sempat berkata kalau “Dengan berhijab pun saya tetap bisa go International” begitu ucapnya dengan penuh semangat. (sp/mch)

Reporter : Ellysa Purfianti