Hari Ini, Kaligrafi Huruf Cina Pecahkan Rekor Muri

Hari ini, Kaligrafi Huruf Cina Pecahkan Rekor Muri

SangPencerah.com — Panitia Bersama Imlek 2567 berhasil memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) dalam karya kaligrafi tulisan huruf Cina, atau seni melukis indah huruf Cina Kaligrafi itu sepanjang 500 meter.

Peserta acara Shufa on the street, atau seni melukis indah huruf Cina ini, tercatat 500 orang. Mereka merampungkan kaligrafi huruf cina sepanjang 500 meter. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya pada 2012, sepanjang 272 meter. ”Peserta lebih dari 500 orang.

Mereka mampu menyelesaikan seni lukis huruf Cina sepanjang 500 meter. Peserta justru lebih banyak yang bukan dari masyarakat Thionghoa. Ini bagus untuk memupuk persaudaraan, dan persatuan Republik Indonesia,” kata ketua Panitia Imlek Bersama, Sumartono Hadinoto, Ahad (7/2). Dia menerangkan, acara ini mendapatkan penghargaan dari Muri, sebagai Penulisan Kaligrafi Huruf Cina Terpanjang di Indonesia. Rekor ini melengkapi catatan sejarah prestasi yang ditorehkan warga WNI keturunan yang diwadahi PMS (Perkumpulan Masyarakat Surakarta).

Sebagai catatan, perkumpulan masyarakat Thionghoa di Solo juga pernah menerima penghargaan rekor Muri, Kue Keranjang Terbesar pada 2002, dan Lontong Cap Go Meh terbesar pada 2005. (sp/rol)