“Gumregah Sang Pencerah” Membuka Musyda IV Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Batu

SangPencerah.com – Sabtu dan Minggu, 13-14 Februari 2016, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu menggelar Musyawarah Daerah yang ke IV yang mengusung tema “Gerakan Pencerahan Menuju Batu Berkemajuan”. Musyda kali ini digelar selama dua hari, hari pertama difokuskan untuk pembukaan yang bertempat di Lapangan Arjuno – Bumiaji. Dan untuk acara inti pada hari kedua ditempatkan di Apple Sun Learning Centre.

Pembukaan Musyda ke-4 dikemas dalam sebuah pentas kolosal dengan judul “Gumregah Sang Pencerah” yang menampilkan sajian gerak tari, tapak suci, teater, Hizbul Wathon, paduan suara, monolog, dan orkestra dramelan. Mengisahkan tentang kebangkitan sang pencerah dalam beramar ma’ruf  nahi munkar di tengah pengaruh modernitas, dan di mainkan oleh 600 putra putri muhammadiyah. Selain pentas kolosal, di arena Musyda juga terdapat festival kuliner gratis, pengobatan gratis, sembako murah dan Bazar. Acara yang dibuka oleh Edy Rumpoko selaku Walikota Batu ini tidak hanya dihadiri oleh ribuan warga Muhammadiyah, tetapi juga oleh wakil walikota, DPRD, perwakilan organisasi lain dan masyarakat umum.

Ketua panitia Musyda H. Muh Yusuf mengungkapkan bahwa pembukaan memang dikemas agar sangat dekat bahkan menyatu dengan budaya, tentu budaya yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Muhammadiyah. Hal tersebut dimaksudkan untuk lebih mendekatkan Muhammadiyah terhadap seluruh masyarakat Kota Batu, khususnya diluar organisasi ini sehingga dakwah pencerahan akan bisa maksimal.

Memasuki hari ke dua kegiatan inti dilanjutkan dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kemudian Rancangan Program Kerja dan selanjutnya pemilihan 11 formatur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu. Dan pada rapat formatur diputuskan bahwa Drs. Nurbani Yusuf, M.Si. masih tetap diberi amanah sebagai ketua umum Muhammadiyah Kota Batu periode 2016 – 2021.

Setelah Musyawarah Daerah ke-IV yang menghasilkan ketua umum baru. Nurbani Yusuf yang dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan bahwa, kita akan menggelar pelantikan bersama dalam waktu dekat ini, sebelum itu juga akan di rampungkan secara keseluruhan para pimpinan pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batu periode 2016-2021. Semarak rangkaian acara Musyda IV akan diakhiri dengan kajian dan diskusi dengan tema “Arah Muhammadiyah Kota Batu kedepan” dengan menghadirkan seluruh pengurus Muhammadiyah Kota Batu beserta ortom dari tingkat ranting, cabang dan daerah. (sp/mch)

Reporter : Zakki Fitroni