Emansipasi Dalam Periodisasi IPM Sendangagung

SangPencerah.com – Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Desa Sendangagung Cabang Paciran melangsungkan sesi periodisasi kepemimpinan lewat sebuah acara pelantikan pengurus sebagai tindak lanjut keputusan Musyawarah Ranting XXX yang telah dihelat satu bulan yang lalu, Kamis (11/02). Acara ini dilaksanakan di gedung belajar MI Muhammadiyah 13 Sendangagung yang dihadiri tak lebih dari 60 orang mulai dari para anggota PR IPM desa Sendangagung baik dari tingkat SMP maupun SMA, bapak – bapak dari PR Muhammadiyah Sendangagung, hingga Pimpinan Cabang IPM Paciran pun turut hadir dalam acara tersebut.

Acara pelantikan pengurus kali ini memiliki tema, “aktualisasikan potensi professionalisme pelajar untuk IPM lebih berkualitas”. Hal ini diambil mengingat PR IPM desa Sendangagung berupaya untuk menjadikan dan mengaktualisasikan serta mengimplementasikan dalam diri setiap personalia maupun para anggota, jiwa ke ikhlasan yang dibalut oleh professionalisme dalam berorganisasi untuk generasi IPM yang lebih berkualitas dari sebelumnya.

Karena kita tahu, bahwa remaja saat ini sangat riskan sekali dengan sebuah professionalisme, atau dalam bahasa yang lebih sederhana tidak bisa meletakkan dan memposisikan dirinya tepat pada tempatnya. Oleh karena itu, dengan semangat periode yang baru dari para personalia PR IPM desa Sendangagung, diharapkan mampu merealisasikan tema yang telah terpasang dalam banner acara tersebut, sebagai poros gerakan pelajar berkemajuan untuk masa sekarang hingga masa yang akan datang.

Di sela – sela acara ketua umum Pimpinan Cabang IPM Paciran, Ipmawan Bayu Setiawan sedikit terkejut dan berkomentar, “mengapa ketua umum justru dari pihak Ipmawati dan masih baru juga”. Sehingga kami pun menjelaskan, justru itulah hal yang seharusnya di ambil perhatian oleh kita semua. Mari kita menanam kepercayaan kepada generasi yang baru agar mereka tidak lepas dan tidak peduli kepada organisasi ini. Dan tentunya tetap kita harus mengarahkan menuju arah yang baik.

Hal yang senada pun diucapkan oleh PR Muhammadiyah Sendangagung, Drs. H. Agus Salim Syukron, M. Pd.I, “entah ini sebuah kemunduran atau kemajuan ketika seorang perempuan mengambil alih nahkoda sebuah organisasi. Yang pasti di zaman sekarang ini jika kaum laki – laki tidak bekerja sepenuh hati, niscaya ia akan digilas oleh kaum wanita lewat emansipasi.”

Dan semoga lewat acara pelantikan pengurus periode 2016/2017 ini, menjadi titik awal sekaligus titik ledak bagi PR IPM desa Sendangagung untuk menunjukkan eksistensinya di ruang lingkup persyarikatan juga di luar organisasi otonom Muhammadiyah. Karena banyak sekali kita jumpai ranting desa yang seakan – akan hilang ditelan bumi. Sehingga semoga para personalia baru masih bisa mempertahankan prestasi atau bahkan melampaui apa – apa yang telah diwariskan oleh periode sebelumnya. (sp/mch)

Reporter : M. Wahyu Syafi’ul Mubarok