Ratusan Pesilat Tapak Suci Akan Bertarung di Bantul

sangpencerah.id – Sebanyak 253 pesilat Tapak Suci akan berlaga di Kejuaraan “Musaba Cup I” pada tanggal 22 – 24 Januari 2016 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul. Ketua Panitia Taswanto menjelaskan turnamen ini diikuti oleh 110 pesilat dari 23 Sekolah Dasar, dan 143 pesilat dari 38 SMP se D.I. Yogyakarta. Kejuaraan ini digelar dalam rangka Milad ke-46 SMK Muhammadiyah 1 Bantul (MUSABA) bekerjasama dengan Pimda 02 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Bantul dan Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul.Ketua Panitia Taswanto menyatakan kegiatan ini akan digelar setiap tahun sekaligus sebagai program promosi bagi SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba).

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba) Widada, S.Pd berharap event ini berlangsung meriah. Ini pertama kalinya dan khusus pertama kali ini akan digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah. Selanjutnya Widada berharap event berikutnya lebih disiapkan dan diprogramkan lagi secara spesifik serta digelar di Kampus SMK Muhammadiyah I Bantul (Musaba). Widada optimis even ini ke depan dapat diperluas skala pesertanya, karena tahun ini yang rencananya hanya berskala Provinsi D.I. Yogyakarta namun juga diikuti peserta tambahan 1 kontingen SMP dari Temanggung Jawa Tengah. Semoga tahun depan bisa diperluas minimal se DIY-Jateng dan bisa menggunakan 2 gelanggang kata Widada.

Kejuaraan ini akan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul Totok Sudarto. Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul menyambut baik event ini dan telah memberikan rekomendasinya agar sekolah-sekolah bisa mengirimkan atlet-atletnya. Totok menyatakan kejuaraan ini memperebutkan Tropi Bergilir Kepala Dinas Pendidikan Dasar sebagai bentuk dukungan kepada Tapak Suci yang telah membantu dunia pendidikan di Bantul melalui kegiatan pencak silat. Kadinas Pendidikan Totok Sudarto yang kader Muhammadiyah dan Tapak Suci Bantul ini sangat bangga dengan komitmen SMK Muhammadiyah 1 Bantul dalam fasilitas pembibitan prestasi melalui Kejuaraan Tapak Suci dan berharap menjadi contoh bagi amal usaha Muhammadiyah yang lainnya.

Sementara itu Ketua Pimda 02 Tapak Suci Bantul Hendri Budi Setyawan, S.Pd berharap para pelatih menyiapkan atlet sebaik mungkin. Hendri menambahkan selain menyiapkan atletnya para pelatih juga harus berkoordinasi dengan pimpinan sekolah yang dilatihnya karena kejuaraan ini mewakili kontingen sekolah. Pihaknya yakin even ini akan berdampak nyata dalam persemaian bibit atlet berprestasi masa depan. Menurut Hendri selain memperebutkan Tropi Bergilir Kepala Dinas Pendidikan Dasar Bantul, kejuaraan ini juga memperebutkan tropi tetap dari Kakanpora Bantul, Pengkab IPSI Bantul, PDM Bantu, PD Aisyiyah Bantul, PDPM Bantul, PD IPM Bantul, PDNA Bantul, Kwarda Hizbul Wathan Bantul, dan SMK Muhammadiyah 1 Bantul (MUSABA).(ary/sp)