Pemuda Muhammadiyah Sumbar Imbau Pemerintah Beri Perlindungan Hukum Bagi Eks Gafatar

SangPencerah.com – Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumbar, Muhayatul menghimbau pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pembinaan terhadap eks pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dan keluarganya.

“Eks. anggota Gafatar dan keluarganya perlu dibina dan diberikan perlindungan agar mereka bisa kembali ke tengah masyarakat,” kata Muhayatul yang didampingi Sekretaris PWPM Sumbar Rafiqul Amin di Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumbar, Jumat (22/1).

Lanjutnya, Sudah menjadi tugas kita bersama mengajak mereka kembali ke jalan yang benar melalui pendidikan dan nasehat dengan bilhikmah wal mauizah (kebijaksanaan dan pembalajaran yang baik,red) .

Lebih jauh, dia mengatakan perlindungan dan pembinaan perlu diberikan karena walau bagaimana-pun, eks anggota Gafatar merupakan rakyat Indonesia. Apalagi kemungkinan mereka mengikuti kelompok tersebut karena ajakan dari pimpinan Gafatar. “Menurut saya mereka ini ikut Gafatar karena ajakan dari pimpinan-pimpinan Gafatar itu sendiri. Ada paksaan, bujukan dan sebagainya. Sehingga mereka bisa bergabung dengan Gafatar,” ujarnya.

Tambahnya, Saat ini banyak anggota Gafatar yang dengan sukarela memilih keluar dari organisasi tersebut. Karena menilai ada beberapa ajaran yang menyimpang. “Seperti di Kalimantan, dengan kesadaran sendiri mereka menyatakan kembali ke ajaran semula. Akhirnya di Islamkan ulang,” tuturnya. 

Reporter : Nurrahmat