Muhammadiyah Sapen Raih Emas Olimpiade Matematika Dunia

Satya Adigama, Peraih Gold Medals
Satya Adigama, Peraih Gold Medals

SangPencerah.com- Siswa SD Muhammadiyah Sapen kembali berhasil menjuarai olimpiade Internasional Matematika. Kali ini mereka menjuarai Olimpiade Internasional Matematika Eye Level Math Olympiad. Mereka adalah Maulana Satya Adigama, siswa yang duduk di bangku kelas IV CI Mipa berhasil meraih Gold medals dan Fiorenza Ann Aqila meraih bronze medals.

“Eye Level Math Olympiad adalah kontes yang dirancang untuk menantang kemampuan matematika siswa, yang berhubungan dalam berbagai bidang, seperti pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, dan berpikir kritis”, ungkap Heru Waseso, ST, pembina Matematika SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Heru menambahkan bahwa tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menginspirasi para anggota Eye Level untuk berjuang meningkatkan standar kemampuan matematika mereka, dan memberikan mereka bimbingan pendidikan. Kontes ini tersedia bagi seluruh siswa, dan bertujuan meningkatkan kemampuan matematika siswa di seluruh dunia.

“Kesungguhan dan keteraturan dalam menghadapi setiap even kejuaraan, itulah kata kuncinya. Sehingga siswa yang memiliki sikap low profile ini memanfaatkan waktunya untuk latihan secara rutin. “Saya latihan rutin untuk olimpiade ini,” ujar Satya.

 Menurut pengakuannya, kepiawaiannya dalam mengolah dan memecahkan soal berhitung ini berawal dari hobi menghitung. Satya mengikuti pelajaran matematika di sekolahnya ibaratnya sudah menjadi makanan pokok. Terlebih di sekolah, Satya  masuk di kelas layanan khusus Cerdas Istimewa di bidang Matematika dan IPA (CI MIPA). Matematika baginya merupakan mata pelajaran yang sangat disukai. Bahkan, mata pelajaran itu mendapat tempat istimewa di hati siswa yang selalu tampak   ceria ini.

Satya mengatakan, prestasi yang diraihnya ini adalah yang terbaik dibandingkan tahun sebelumnya sejak ikut serta pada kompetisi Matematika Internasional tahun 2013. Sebelumnya Satya hanya meraih silver medals pada Singapore and Asian Sains and Math for Primary School (SASMO) 2015. Siswa yang menyukai ilmu aljabar ini menjelaskan, dirinya berhasil menyabet medali emas saat bersaing bersama ratusan peserta dari berbagai negara. (sp/sdmuhsapen)