Keteladanan Almarhum Ketua PDM Situbondo, Wawancara Eksklusif Putra Beliau

SangPencerah.com – Kemarin siang, Selasa(19/1) di Bondowoso terjadi kecelakaan yang dialami Rombongan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Situbondo. Dalam kejadian ini korban yang wafat adalah Ketua (PDM) Situbondo, Bapak Abdurrahman . Baca berita sebelumnya ( Ketua Muhammadiyah Situbondo Wafat, Saat Perjalanan Menuju Rapat Pendirian SPBU ).

Redaksi sangpencerah.id telah mewancarai Bapak Taufik, putra almarhum. 

Redaksi : Bagaimana sosok almarhum di mata Bapak Taufik ?

Pak Taufik : Bapak orangnya positif thinking dan selalu bersemangat untuk ummat khususnya. Kalo maen ke Jakarta, sukanya silaturahmi ke teman – teman lama. Jadi PR saya pribadi untuk melanjutkan silaturahmi beliau.

Redaksi : Sejak kapan almarhum aktif di Muhammadiyah dan bagaimana perjuangan beliau di waktu kecil ?

Pak Taufik : Sejak masih remaja aktif di Muhammadiyah. Beliau anak tukang pencari kayu (Kakek) namun punya cita-cita setinggi lagit, makanya menuntut ilmu setinggi mungkin. Sempet dicemooh tetangga, anak cicak gak mungkin jadi anak buaya. Anak tukang kayu gak akan jadi apa. Itu yang menjadi pemicu beliau untuk menuntut ilmu setinggi mungkin.

Redaksi : Almarhum mengenyam pendidikan di mana saja sampai sebelum wafat ?

Pak Taufik : Hingga saat terakhir mau pensiun, beliau meneruskan kuliah S2, sebagai bekal untuk jadi trainer widyaiswara (dosen). S1 di Universitas Abdurahman Shaleh Situbondo. S2 di Universitas Muhammadiyah Malang, tapi belum kelar karena aktifitasnya banyak. Saat itu tinggal di rumah dinas depag pasuruan, dan sudah mulai aktif jadi widyaiswara di balai diklat keagamaan Surabaya.

Redaksi : Impian apa saja yg belum terwujud oleh almarhum ?

Pak taufik : Bikin SPBU sebagai sumber pendanaan dakwah Muhammadiyah Situbondo, dari SPBU bisa berkembang ke rumah sakit, dll. Awalnya ada tanah wakaf 1 HA. Tetapi belum punya modal, terus ke Muhammdiyah Surabaya untuk mencari dana dan disepakati 8,5 bio disupport oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Malang dan Jember. Kemaren ke Unmuh Jember dalam rangka mencairkan dana, karena kontraktornya untuk minta 1 bio.

Redaksi : Sebelum kecelakaan terjadi apakah ada wasiat tertentu ?

Pak taufik : Malam sebelumnya beliau masih ngisi kajian di Situbondo. Pagi sholat subuh, jam 5 ada rapat pengurus masjid, jam setengah 8 bersepeda dengan teman – teman. Jam 10 berangkat ke jember dan kecelakaan itu. Pak Sirwan sempet menolak ajakan untuk ke Jember, namun dipaksa oleh Bapak, dengan alasan ini pahalanya besar lho.

Redaksi : Bagaimana penilaian masyarakat sekitar terhadap almarhum ?

Pak Taufik : Beliau juga deket dengan semua kalangan dari tukang becak, pedagang pasar, hingga bupati.  Kalo diluar luapan tamu yang takziah sejak semalam. Ini Ibu saya 24 jam belum tidur, tamu gak berhenti mengalir. Semalam lalu lintas pantura sampai lumpuh mas, saya yang semula bakal sedih, jadi gak terlalu melihat jamaah yang menyolatkan beliau begitu banyak. Semalam beliau di sholatkan di masjid jami’ Al Abror dengan  banyak sekali jamaah.

14
Masyarakat bebondong – bondong melayat
16
Sholat Jenazah di Masjid