Empat SD Muhammadiyah Dijadikan Praktek Mahasiswa Filipina

SangPencerah.com –¬†Mahasiswa Universitas of Saint Anthony (USANT) Filipina melakukan praktek mengajar siswa di empat sekolah labolatorium atau Labschool Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Empat sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah Condong Catur, SD Muhammadiyah Kadisoko, SD Muhammadyah Macanan, dan SMP Muhammadiyah 2 Depok, Sleman.
Selain praktek mengajar, mahasiswa Filipina bersama dosennya melakukan penanaman pohon (tree planting) di SMP Muhammadiyah, Depok, Sleman, Ahad (24/1). “Ada lima mahasiswa USANT Filipina yang praktek mengajar selama tiga pekan di sekolah ini. Mereka mengajar Bahasa Inggris dan pengenalan budaya dan bahasa mereka,” kata Irfan Yunianto, Ketua Panitia Kerjasama USANT-UAD, Irfan Yunianto.

Penanaman pohon di SMP Muhammadiyah 2 Depok sendiri untuk menandai kerja sama kedua pihak. Selain itu, untuk mendukung upaya sekolah tersebut menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP UAD, M Joko Susilo mengatakan, pihaknya menerjunkan empat mahasiswa untuk mendampingi mahasiswa Filipina yang praktek mengajar di Labschool UAD. Ke depan, prodi biologi juga akan mengirimkan mahasiswa untuk praktek mengajar di Filipina.

Dekan FKIP UAD, Trikinasih Handayani mengatakan, untuk mendukung upaya sekolah menjadi sekolaj adiwiyata, mahasiswa Filipina dan UAD menanam 20 jenis pohon di halaman SMP Muhammadiyah 2, Sleman. “Ini upaya untuk menjadikan sekolah ini sejuk dan hijau. Ini Labschooll UAD dan sudah berpredikat sekolah adiwiyata dan juara 1 di Sleman,” katanya. (sp/rol)