Di SLB Muhammadiyah, Dalam “Gelap” Lilik Antar Siswanya Ke Gerbang Kesuksesan

Lilik Siswanto mengajar dalam kelas
Lilik Siswanto mengajar dalam kelas

SangPencerah.com- Lilik Siswanto SSos I (47) tidak pernah meminta dilahirkan sebagai lelaki buta. Ternyata Tuhan menakdirkannya terlahir dengan keterbatasan itu. Namun kekurangan itu tidak pernah membuatnya menyerah.

Orang tuanya juga sudah tidak lagi peduli dengan kondisinya itu. “Orang tua sudah lepas tangan dengan keadaan saya, tetapi saya tidak putus asa,” ungkapnya. Lilik Siswanto muda merantau ke Pekalongan untuk belajar ilmu memijat. Ia yakin kemampuan itu bisa membawanya sukses di masa depan.

Namun menginjak usianya ke 20, Lilik berpikir bahwa hidup tidak hanya perlu keahlian memijat saja. Melainkan harus punya bekal akademik untuk menjadi sukses. “Saya hanya lulusan SD dan sebetulnya ketika itu motivasi kembali belajar di jalur formal itu simpel, saya ingin bisa baca Al Quran,” terangnya.

Lalu ia disarankan temannya untuk belajar di SLB Muhammadiyah Purworejo. Ia memasuki jenjang pendidikan SMP ketika usianya 21 tahun. “Ternyata tidak hanya diajari baca Al Quran, namun kemampuan akademik lainnya,” tuturnya.

Lulus SMP, Lilik kembali ke Yogyakarta dan menjalani pendidikan SMA, kemudian sukses masuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun 1997. Untuk biaya kuliah, Lilik menjalani profesi sebagai tukang pijat panggilan. Pria itu akhirnya lulus dengan IPK 3,5 pada tahun 2005.

Lilik mengabdikan dirinya sebagai guru agama Islam di SLB Muhammadiyah Purworejo. Suami Ngatinah dan sudah dikaruniai satu anak, Anas Yahsa Chaerudin itu tidak ingin sukses sendirian. “Saya ingin mengangkat anak didik saya yang juga punya keterbatasan, senang rasanya apabila bisa mengantar mereka ke gerbang kesuksesan,” tegasnya.

Menurutnya, disabilitas bukan halangan untuk sukses. “Semua tergantung kemauan dan motivasi, cerita hidup saya selalu disampaikan kepada anak didik setiap mengajar. Mereka harus paham dan terpantik semangatnya untuk maju,” tandasnya.(sp/kr)