Berharap Tak Pecah, OSO ajak HMI Contoh Muhammadiyah

Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR RI

SangPencerah.com-Perpecahan ditubuh partai politik maupun organisasi-organisasi kepemudaan sepertinya menjadi trend akhir-akhir ini. Tak jarang perpecahan itu berlangsung lama dan memunculkan efek panjang berkelanjutan. Karena itu, Wakil Ketua MPR Osman Sapta Odang (OSO)  berharap Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) tidak lagi mengalami perpecahan.

“Saya tidak ingin HMI pecah. Jangan ada dua organisasi. Kalau ada HMI selain yang saya terima saat ini, itu tidak sah,”  kata OSO ketika menerima pengurus HMI hasil Kongres Pekan Baru dengan Ketua Umum HMI Mulyadi B. Tamsil, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Senin (18/1).

Kalau pun terjadi perpecahan di tubuh organisasi, dia menegaskan hal itu disebabkan sistem organisasi yang rapuh. ‎Padahal HMI punya andil besar dalam mewujudkan kemerdekaan dan sampai saat ini punya andil membangun Indonesia.

‎”HMI, dan organisasi pemuda lainnya harus mempertahankan eksistensinya dan bersama-sama membangun bangsa ini,” katanya.

Dia berharap organisasi pemuda yang ada saat ini, termasuk HMI, perlu mencontoh Muhammadiyah yang tetap eksis meski telah berusia lebih dari 1 abad. Oso meminta  agar HMI bisa terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas mahasiswa. Dan tidak hanya terus menerus mengikuti isu politik seperti yang terjadi selama ini. Ini penting karena terbukti semakin banyak sarjana yang menganggur setelah selesaii belajar.

“Ingat, saat ini  para pengusaha lebih suka memilih  pekerja yang sudah memiliki banyak pengalaman, dibanding mengambil sarjana yang belum tentu bisa langsung bekerja”, kata Oso menambahkan.

OSO berharap pengurus HMI memperlihatkan kerja nyata kepada masyarakat dengan membangun sistem yang juga bermanfaat bagi kemaslahatan bangsa. “Soal politik urusan partai. HMI bisa mengambil peran membawa berkah kepada masyarakat,” kata OSO. (rmol/mpr/SP)