Ranting Muhammadiyah Tonggalan Gelar Khitanan Massal

Sangpencerah.com – Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tonggalan mengadakan kegiatan menutup akhir tahun 2015 , dengan mengadakan serangkaian kegiatan SAMARAK MILAD MUHAMMADIYAH ke 103, Adapun kegiatan tersebut pelatiahan Mc / Pambiyoworo bahasa Jawa dan ” khitanan bersama Ranting Muhammadiyah Tonggalan”.
Pelaksanaan pelatian MC Bahasa Jawa dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai Desember 2015 / 16 Jam pertemuan. Kegiatan ini diikuti 25 peserta utusan remaja masjid di wilayah Tonggalan dan utusan dari Gedang Sari Gunung Kidul DIY. Ketua Bidang Olaraga dan Seni Budaya Drs.Ngadi M.Pd lebih lanjut mengatakan kegiatan ini kami laksanakan tiap hari ahad selama 2 jam , ada pun materi yang kami sampaikan dari bahasa jawa ngoko jawa alus dan jawa kramo inggil, serta cara atau sikap seorang mc. 
Pada akir pertemuan bulan Desember diadakan ujian tertulis dan praktek untuk ujian praktek kami adakan 2 kali , kemudian para peserta langsung diberi tugas memimpin pengajian Ahad Pagi yang di adakan oleh PRM Tonggalan. Alhamdulillah para peserta mengikuti dengan antosias penuh semangat, hasil ujiannya pun cukup menyenangkan. 
” Motivasi kami mengadakan kegiatan pelatihan MC Bahasa Jawa ini sealin makin langka generasi penerus memperhatikan budaya kromo dalam bahasa jawa, kalau kita perhatiakan bahasa jawa mengajarkan ungah ungguh budi pekerti, yang saat ini makin langka karena sekolahan tidak lagi mengajarkan ilmu pituduh nilai – nilai budi pekerti, kami sangat terkesan dengan Bapak KH AR Fachrudin Allah huyarkham . Almarhum ceramah dalam menyampaikan tablighnya memakai bahasa jawa sangat santun,ramah sekali sehingga banyak orang  merasa kehilangan,  bahkan non muslim pun merasa ke hilangan sosok se orang bapak AR Fachrudin, yang sampai sat ini belum ada  penerusnya”, ujar Ragil selaku panitia.
Ditempat terpisah Ketua Pimpimnan Ranting Ir Ragil Sugiyono mengatakan kegiatan ini rangakain amanat Musyawarah Ranting Muhammadaiyah ( MUSRAN ). Alhamdulillah pada tanggal 20 Desember 2015 kami melaksanakan khitan masal yang pesertanya tidak hanya dari Tonggalan saja , ada Ranting lain juga mengirimkan anak yang ikut khitan. Sebelum dilaksanakan orang tua di undang mengikuti pengajian Ahad pagi dan di akhiri sarapan bersama dengan menu nasi pincuk sego gudang tahu lethok. 
” Selain itu kami juga mengadakan kajian kitab rutin tiap seloso sore dan kajian Tarjih malam sabtu, kami juga mengadakan  pengajian sifatnya umum tiap malam jum’at “ PENGAJIAN RIYADUL JANNAH” Tempatnya pindah -pindah dari masjid ke masjid, dan pengajian ahad pagi dari jam 06.00 sd jam 07.00 WIB, juga pengajian Pimpinan bersama keluarganya tiap sebulan sekali, PADA BULAN JANUARI Tahun 2016 ini kami akan mengadakan pelatihan Khatib dan da’i. serta pelatihan wira usaha membuat bakpia dan supa sup, yang di tangani majelis Ekonomi. Masalah pembiayayannya selain sumbangan para dermawan juga iuran wajib para pengurus Muhammadiyah. tahun lalu kami telah mencanangkan infaq Rp 1000 tiap hari. dirumah semua Pimpinan  telah kami beri kaleng untuk infaq. tidak lupa kami ucapkan Jazakumullah khairan katsiran kepada seluruh warga Muhammadiyah Tonggalan atas dorongan bantuannya sehingga bisa melaksanakan berbagai kegiatan” penjelasan Pak Ragil selaku Ketua PRM Tonggalan. (sp/mch)
Reporter : Ragil Sugiyono