Raksasa Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan itu Bernama Muhammadiyah

 

sangpencerah.id – Siapa yang tak kenal Muhammadiyah, organisasi keagamaan tertua di Indonesia yang kehadirannya sangat memberikan kontribusi sejak bangsa ini belum merdeka hingga saat ini. Organisasi yang kini memiliki puluhan juta anggota dan simpatisan ini terus melebarkan sayapnya hingga ke seluruh pelosok Indonesia dan dunia dengan membangun sarana dakwahnya berupa sekolah, universitas, dan rumah sakit.


Ketika berbagai pihak menggembor-gemborkan istilah mayoritas-minoritas, serta mengagung-agungkan jumlah ‘pemeluk’-nya, maka hal ini tidak berlaku bagi Muhammadiyah. Orang yang bukan anggota dan simpatisan Muhammadiyah, juga akan sangat merasakan manfaat adanya fasilitas pendidikan yang dimiliki oleh Muhammadiyah.

Kampus-kampus Muhammadiyah dapat disejajarkan dengan kampus negeri milik pemerintah, contohnya Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah Terakreditasi ‘A’, serta ratusan kampus-kampus Muhammadiyah lainnya yang tak kalah bagus mutunya.Bahkan di berbagai event Kampus Muhammadiyah mampu mengalahkan prestasi Universitas Negeri Mentereng macam ITB, ITS, UGM dan lain lain.


Organisasi besutan K.H. Ahmad Dahlan ini sukses menjelma menjadi raksasa pendidikan dan kesehatan, dari TK hingga Perguruan Tinggi, dari klinik bersalin hingga rumah sakit dapat kita temukan di setiap propinsi bahkan hingga di daerah pedalaman dari Aceh hingga Papua Barat.
Berdasarkan informasi yang dimuat di intagram @persyarikatan_muhammadiyah, saat ini, di bidang pendidikan, organisasi berlambang matahari tersebut mempunyai 177 Perguruan Tinggi, 4.346 TK ABA-PAUD, 2604 SD/MI, 1772 SMP/MTs, 1143 SMA/SMK/MA, 102 pondok pesantren, dan 86 Sekolah Luar Biasa.

Di bidang kesehatan dan pelayanan sosial, terdapat 457 Rumah Sakit dan Rumah Bersalin, 421 Panti Asuhan, 82 Panti Berkebutuhan Khusus, 78 Panti Asuhan Keluarga, 54 Panti Jompo, 1 Panti Khusus Bayi Terlantar, 38 Panti Santunan Kematian, serta 15 BPKM. Dalam bidang dakwah, terdapat 12.995 Masjid dan Mushalla.

Dalam bidang ekonomi, terdapat 437 BMT (Baitul Mal wa Tanwil), 762 BPRS (Bank Perkreditan Rakyat Syariah), dan 25 penerbitan, serta kelompok-kelompok usaha BUEKA (Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah). Sungguh jumlah yang fantastis untuk sebuah organisasi keagamaan.

Banyaknya dan berkualitasnya amal usaha Muhammadiyah semata – mata karena ridho Allah swt dan kerja keras serta keikhlasan warga Muhammadiyah untuk bersatu membangun fasilitas – fasilitas tersebut, spirit yang senantiasa terawat dan terjaga di usia Muhammadiyah yang sudah menginjak abad kedua

Prestasi ini hanya dimiliki Muhammadiyah beluam ada Ormas Islam maupun Ormas lainnya yang memiliki jaringan fasilitas seperti Muhammadiyah, bahkan di level dunia Muhammadiyah mampu bersaing sebagai Lembaga terbesar di dunia yang memiliki jaringan pendidikan dan kesehatan cukup massif, sebuah prestasi yang patut kita syukuri dan rawat kemudian ditingkatkan lebih baik lagi.(redaksi)