Musywil ke 41 Muhammadiyah Sumatera Barat

 
Padang, Musyawarah Wilayah (Musywil) Ke-41 Muhammadiyah Sumatera Barat dilaksanakan pada tanggal 13-15 Rabiul Awal 1437 H/ 25-27 Desember 2015 di Asrama Haji Embarkasi Padang. Menurut Ketua Panitia Nurman Agus, bahwa anggota Musywil berjumlah 389 yang terdiri dari Pimpinan Daerah dan Cabang Muhammadiyah Se-Sumatera Barat serta Organisasi Otonom (Ortom) tingkat wilayah.

Musywil ke-41 secara resmi dibuka oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Drs.H. Hajriyanto Y. Thohari, MA. Dalam sambutannya Hajriyanto berpesan agar Musywil berjalan dengan lancar, aman dan tertib  seperti Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar. Muhammadiyah Sumatera Barat harus bangkit agar bersama maju dengan wilayah lainnya. Slogan “Muhammadiyah lahir di Yogyakarta dan besar di Sumatera Barat”  sudah tinggal kenangan. oleh sebab itu dengan Musywil ini mampu mengembalikan kejayaan yang pernah diraih.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Muamalat Cabang Padang dengan Muhammadiyah tentang sistem pendaftaran Ibadah Haji dan penyerahan beasiswa kepada anak Panti Asuhan Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah Se-Kota Padang. Selain itu juga ada penyerahan prasasti pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah dari keluarga almarhum Musa Pangai yang telah mewakafkan tanah untuk pembangunan gedung tersebut ungkap sekretariat Panitia Zulfakhri dan Rafiqul Amin.

Sementara itu Ketua Panitia Pemilihan (Panlih)  Salman M. Noer mengatakan bahwa Rapat Formatur telah menetapkan Shofwan Karim sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat periode 2015-2020. Daftar Calon Sementara berjumlah 54 orang yang dipilih dalam sidang Muspim menjadi 39 kemudian dipilih dalam sidang Musywil 13 orang sebagai Formatur. Adapun Nama-nama Formatur terpilih adalah: Shofwan Karim, Adrian Muis, Edi Safri, Bakhtiar, Dasman Lanin, Firdaus AN, Dasrizal Dahlan, Toni Markos, Irman, Solsafad, Muslim Tawakal, Nurman Agus dan Abdurrahman S.Chan. (Rafiq)