Meneguhkan Trilogi IMM di “Ranah Minang”


sangpencerah.id  – Darul Arqam Madya (DAM) yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Padang (PC IMM Kota Padang) dalam rangka meneguhkan trilogi IMM dalam diri kader dinilai sukses. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PC IMM Kota Padang Angga Hidayatullah, usai acara penutupan di Solok, (29/11) kemarin.


Ia mengatakan bahwa acara Darul Arqam Madya (perkaderan tingkat menengah) kali ini merupakan acara tersukses yang pernah diadakan di Sumbar sebelumnya. Selain dari kegiatan perkaderan kelima yang pernah diselenggarakan sepuluh tahun terakhir.


“…dari itu semua ya kami, saya rasa sebagai Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Kota Padang sukses dalam artian mengkader adek-adek yang baru. Bagaimana membentuk sebuah acara yang tingkatnya dalam skala lebih besar daripada seperti biasanya” ujarnya.


Sebelumnya acara ini diadakan selama seminggu dari tanggal 24 sampai dengan 29 November 2015 kemarin yang dibuka langsung oleh Ketua PD Muhammadiyah Kota Padang, H. Maigus Nasir, S.Pd di Aula Masjid Taqwa Muhammadiyah, Jl. Bundo Kanduang No. 1 Pasar Raya, Padang. Untuk lokasi kegiatan yang akhirnya berubah dari yang ditetapkan oleh panitia karena beberapa alasan menjadikan Kabupaten Solok sebagai lokasi DAM tahun ini tepatnya di Balai Pelatihan Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Bukit Lasiah, Kabupaten Solok.


Jumlah peserta yang mengikitu Darul Arqam Madya (DAM) berjumlah sebanyak 27 orang 10 diantaranya berasal dari luar Sumatera Barat yakni Medan dan Bengkulu. Dengan mengusung tema “Meneguhkan Trilogi IMM dalam Membangun Kader Berkemajuan Demi Persyarikatan, Umat dan Bangsa” PC IMM Kota Padang merasa perlu untuk meluruskan kembali kiblat IMM sebagai organisasi yang bergerak dalam tiga ranah atau dimensi  keagamaan, kemahasiswaan dan kemasyarakatan karena banyak kader sekarang yang sudah mulai lupa dengan Trilogi itu sehingga arah pergerakan menjadi tak tentu arah. Hal ini pula yang menjadi problem urgen  yang harus dihadapi oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di nagari Minangkabau itu.


Masalah loyalitas kader masih menjadi tantangan terbesar mengingat dari sekian banyak kader IMM hanya beberapa orang saja yang aktif ditambah lagi dengan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sumatera Barat (DPD IMM Sumbar) yang sedang vakum saat ini.
Topan Putra Korompot yang sempat menjadi pemateri sedikit menyinggung hal ini. Kehadiran Topan menjadi spesial bagi para kader karena ini merupakan kunjungan pertama dari DPP IMM ke Kota Padang. Namun bagi Topan sendiri selaku Kabid Hikmah DPP IMM mengaku senang bisa berkunjung kembali ke Kota Padang mengingat ia juga adalah alumni DAP (Darul Arqam Paripurna) Kota Padang. Ia berpesan agar kader-kader IMM tetap menjaga kekompakan dalam ikatan serta mengembalikan IMM pada tempatnya. Jika selama ini IMM terus menggalakkan #LuruskanKiblatBangsa maka IMM juga harus tetap meluruskan niatnya agar tidak ada lagi kader yang tidak mengetahui tugas dan fungsinya.


Terakhir Angga Hidyatullah berharap  agar kader IMM Nusantara di segenap penjuru mampu menjadi kader yang masuk ke segala lini baik itu sebagai kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa. Tidak hanya terpaku sebagai kader yang terlalu fanatik tapi mampu membuka diri pada dunia  di luar sana.


“Jadilah garam yang bisa masuk ke semua lini-lini baik itu pemerintahan, persyarikatan, dan umat. Jangan hanya terpaku menjadi kader yang fanatik pada IMM saja dan tetaplah kita menjadi kader yang terbuka terhadap kader-kader yang lain, tetaplah kita bersifat eksklusif jangan inklusif menerima apa saja kritik dan saran teman-teman dari luar organisasi kita yang sifatnya membangun” harapnya.


Ia juga berpesan agar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah lebih giat lagi dalam merekrut serta bersilaturahim dengan kader.


“Kami himbau kepada semua kalangan terutama di IMM untuk lebih giat lagi merekrut dan lebih giat lagi menjalin komunikasi dengan kader-kader” imbuhnya. (sp)




Laporan    : Zulfikri Lubis (Kabid MEDKOM PK IMM FISIP UMSU)
Narasumber    : Angga Hidayatullah (Ketua PC IMM Kota Padang)