Majukan Pesantren Muhammadiyah, KH.Yunus Muhammadi Raih Penghargaan Nasional 2015

KH.Yunus Muhammadi (kanan)
Sangpencerah.com – Kementerian Agama akan memberikan penghargaan bagi para insan yang berkontribusi dan berprestasi  dalam pendidikan Islam lewat ajang Apresiasi Pendidikan Islam (API) 2015 sore ini, Jum’at (11/12). Penghargaan ini akan diserahkan di Hotel Borobudur, Jakarta.
“Apresiasi Pendidikan Islam  2015 yang akan kita selenggarakan dimaksudkan menjaga jantung pendidikan Islam tetap terpelihara denyutnya,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin seperti dikutip dari  web kemenag. Seleksi penerima API dilakukan lewat tahap penilaian portofolio kebijakan, survei opini pemangku kepentingan kebijakan pendidikan Islam, dan penilaian oleh Dewan Juri yang beranggotakan akademisi, praktisi dan para pejabat bidang-bidang pendidikan Islam. Salah satu kategori adalah tokoh masyarakat yang berperan memajukan pesantren. 
Ada tiga tokoh yang mendapatkan penghargaan itu, salah satunya adalah KH.Yunus Muhammadi yang memajukan pesantren Muhammadiyah. Beliau bersanding dengan Ustadz Yusuf Mansyur dan KH. Bai Ma’mun. 
KH.Yunus Muhammadi adalah ketua ITMAM (Ittihad Al Ma’ahid Al Muhammadiyah), Persatuan Pondok Pesantren Muhammadiyah se-Indonesia. Sebelumnya beliau menjadi Direktur Pondok Pesantren Muhammadiyah Imam Syuhodo yang berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah. 
KH Yunus tidak hanya memajukan PonPes Muhammadiyah Imam Syuhodo, tapi ikut mendirikan dan mengembangkan pesantren di seluruh indonesia melalui ITMAM. Sebelum ada ITMAM, Pesantren Muhammadiyah secara nasional hanya 67, sekarang 150 lebih. 
“Selamat kepada Pak Yunus Muhammadi atas penghargaan sebagai Tokoh Nasional yang berperan aktif dalam memajukan Pondok Pesantren yang diberikan oleh Kementerian Agama RI Tahun 2015. Semoga makin memacu kemajuan Ponpes Muhammadiyah yang berdayasaing tinggi dan berkeunggulan”, ucapan selamat dari Dr. Haedar Nashir, selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah. (sp/mch)