Khitanan dan Pengobatan Gratis Ranting ‘Aisyiyah Karimata Jember

sangpencerah.id – Pada Sabtu, 19 Desember 2015 bertempat di Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari Jember, Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Karimata mengadakan acara Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis. Acara ini juga hasil kerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Jember, Klinik dr. Suherman, serta Puskesmas Pakusari.

Acara yang dimulai sejak jam 08.00 pagi ini menyedot perhatian masyarakat. Tercatat ada 131 anak yang mendaftar untuk melakukan khitanan massal. Dalam acara ini juga menampilkan penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh mahasiswa Fikes Unmuh Jember. Dalam pengobatan gratis juga dilakukan cek kesehatan ringan serta pemberian obat/vitamin gratis.

Menurut Titi Nur Hasanah, penanggung jawab acara dari PRA Karimata, kegiatan khitanan massal serta pengobatan gratis ini merupakan wujud kepedulian Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah terhadap masyarakat sekitar Pondok Pesantren Muhammadiyah Pakusari.

“Kita mau tunjukkan pada masyarakat, ini lho Muhammadiyah yang sebenarnya. Kami peduli pada keadaan warga di bawah,” ujar Titi saat diwawancara sangpencerah.id.

Pihak Klinik dr. Suherman serta Puskesmas Pakusari dalam kegiatan ini menyediakan sedikitnya 20 tenaga kesehatan yang melakukan penanganan khitan gratis serta pengobatan gratis bagi warga sekitar ponpes.

Kegiatan yang berakhir ba’da Dzuhur ini berlangsung dengan aman dan lancar. Tak hanya mendapatkan khitan gratis serta penyuluhan dan pengobatan gratis, peserta khitanan juga mendapatkan sarung gratis dari panitia acara. (sp/mag)