Ketua DPD RI Dukung Muhammadiyah Kembangkan Pilar Ekonomi

Sangpencerah.com – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mendorong Organisasi Masyarakat (Ormas) Muhammmadiyah untuk mengembangkan pilar ketiga, yakni bidang perekenomian.
“Saya sangat mendorong Muhammadiyah untuk berkontribusi dalam bidang ekonomi,” kata dia di Bukittinggi, Selasa (22/12) malam.
Ia mengatakan hal itu saat berdialog dengan pimpinan wilayah, daerah, dan beberapa lembaga di Sumatera Barat (Sumbar) di Bukittingi. Menurutnya, banyak hal yang dapat dimanfaatkan dalam bidang ekonomi tersebut. Apalagi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan segera dimulai.
Momen itu, kata dia, sangat tepat untuk dimanfaatkan oleh ormas tersebut jika ingin mengembangkan sektor perekonomian. Ia menilai, momen MEA itu sangat tepat untuk daerah-daerah yang ada di untuk pulau Sumatra, sebab aksesnya lebih dekat ke beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan yang lainnya. “Untuk itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PNW) Sumbar dapat mengambil momen tersebut,” kata dia
Ia berharap, dengan baiknya sektor perekonomian dapat mengembalikan kejayaan Muhammadiyah. Sebab kejayaan itu tidap bisa dipisahkan dari perekonomian.
Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbar mengatakan berkomitmen dalam mengembangkan ekonomi sebagai kekuatan pilar ketiga Muhammadiyah. Menurutnya, dengan menguasai sektor ekonomi maka Muhammadiyah dapat menjadi penentu dalam kehidupan, baik di tengah masyarakat ataupun di dalam bangsa Indonesia. Sebab banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sektor tersebut. “Banyak peluang yang dapat diambil, di antaranya rumah sakit, tempat-tempat berbelaja, da sebagainya,” kata dia.
Ia menambahkan, selama ini, Muhammadiyah hanya mampu mengembangkan dua pilar yakni pendidikan dan kesehatan. Sementara pilar ekonomi yang mampu mensejahterakan umat masih minim tersentuh. (sp/antara)