DPR Pilih 5 Pimpinan Baru KPK, Dahnil Anzar: Mengecewakan!

Sangpencerah.com – Lima wajah baru sudah dipilih Komisi III DPR untuk duduk di KPK. Dan seperti yang sudah diduga, DPR tak berniat lagi membuat KPK ‘galak’ pada pemberantasan korupsi. KPK diprediksi hanya akan menjadi anak baik yang manut pada DPR, Polri, dan Kejagung.

“Mengecewakan,” kata Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar, Kamis (17/12/2015).

Menurut Dahnil, dari calon pimpinan yang terpilih sudah terlihat jalan KPK ke depan. Komisi III DPR ingin KPK tak galak-galak alias fokus pada pencegahan.

“Suara DPR menunjukkan suara yang ingin membawa KPK pada mainstream pencegahan bukan penindakan, jadi DPR cenderung memilih mereka yang punya visi pencegahan,” tegas Dahnil.

“Dan, ini tentu akan berdampak pada agenda penindakan kasus Korupsi Besar. Di masa yang akan datang bila betul mereka melaksanakan visi mereka tersebut maka jelas KPK kehilangan “Gigi” dalam penindakan kasus korupsi yang masih massif dan sistemik di Indonesia,” tutup Dahnil.

Lima orang pimpinan KPK sudah terpilih, mereka yakni Alexander Marwata, Saut Situmorang, Basaria Panjaitan, Agus Sujanarko, dan La Ode M Syarif. (sp)