Dialog Muhammadiyah Muda Makkassar, Massifikasi Kader Ulama


sangpencerah.id – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Makassar mengadakan Dialog Reguler Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Makassar pada hari Jumat,27 November 2015 di Pusat Dakwah Muhammadiyah Kota Makassar Pukul 14.00 WITA – 17.00 WITA.

Dialog ini dilaksanakan sebagai respon dari kegelisahan Ayahanda KH. Djalaluddin Sanusi ( Ketua PD Muhammadiyah Kota Makassar ) yang melihat realitas kader AMM minim yang menjadi kader ulama. Menurutnya saat ini beberapa masjid – masjid muhammadiyah cenderung yang menjadi imam ataupun khatib-khatibnya kebanyakan bukan merupakan kader muhammadiyah itu sendiri. Padahal muhammadiyah memiliki banyak kader namun realitas yang ada seperti ini.

Berangkat dari kegelisahan beliau, maka pada kesempatan kali ini Dialog Reguler AMM Kota Makassar yang di selenggarakan oleh IPM Kota Makassar mengangkat tema “ AMM sebagai kader bangsa ‘ Yes’ Kader Ulama ‘ ? ‘. Konsep Dialog ini menghadirkan Ketua AMM Kota Makassar sebagai narasumber pada dialog ini yakni, Andi Muhammad Abdi ( Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar ) Rifqah Makmur ( Ketua PD Nasyiatul Aisyiyah Kota Makassar ) Soemitro Emin Praja ( Ketua PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Makassar ) dan MN. Alamsyah Shahib T. ( Ketua PD Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Makassar ) dan juga menghadirkan ayahanda KH. Djalaluddin Sanusi ( Ketua PD Muhammadiyah Kota Makassar ) sebagai keynote speaker pada dialog ini.

Point penting yang dihasilkan pada Dialog ini yakni perlu adanya sinergitas antara AMM Kota Makassar dengan Ayahanda PD Muhammadiyah Kota Makassar untuk menyelesaikan setiap problematika yang ada di Muhammadiyah  dan juga tipologi kader muhammadiyah yakni kader bangsa, kader umat, dan kader persyarikatan (:kader ulama) perlu di internalisasikan pada setiap kader muhammadiyah itu sendiri karena ini merupakan satukesatuan yang tidak terpisahkan.

Dialog Reguler ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin di AMM Kota Makassar. Kesempatana kali ini IPM Kota Makassar yang menjadi tuan rumah, kedepannya kita akan gilir dan setiap AMM akan mendapatkan jatahnya sebagai tuan rumah.(sp)

kontributor : Alamsyah Shahib T ( Ketua PD IPM Kota Makassar )