CD Musik Anime Bercampur Azan Ditarik Dari Peredaran


sangpencerah.id – CD soundtrack sebuah serial anime Jepang terpaksa ditarik dari peredaran karena mengandung materi yang dianggap menghina Islam.


Produser anime Noragami Aragoto Sabtu pekan lalu meminta maaf karena menggunakan musik latar belakang yang terdengar seperti suara azan.


Menurut sumber yang dekat dengan produksi serial anime yang mengisahkan pertempuran fantasi itu mengatakan, seseorang yang mengaku sebagai Muslim mengeluhkan musik serial yang ditayangkan di televisi itu bercampur dengan suara azan.


Namun pihak produsen mengatakan rekaman suara azan itu dibeli dari sumber berlisensi.


“Tidak pernah ada niat untuk menghina atau menghujat umat Islam,” kata produser dalam pernyataan yang dimuat di situs resmi serial tersebut.


“Suara itu direkam dan dipublikasikan tanpa memeriksa maknanya lebih dahulu sehingga tanpa sengaja mengabaikan pertimbangan umat Islam dan pengikutnya.”


“Kami meminta maaf jika penggunaan suara dalam produksi ini berpotensi melukai untuk Muslim dan orang-orang yang terkait,” kata pernyataan itu.


Produser serial anime berjanji untuk mencegah kesalahan yang sama terjadi kembali dengan memperdalam pemahaman mereka tentang Islam. Mereka juga akan lebih memperhatikan isi program di masa depan.


Penjualan soundtrack dari serial ini, yang mulai dijual 25 November, juga akan dibatalkan. Dan persediaan CD musik yang masih ada di rak-rak toko juga akan ditarik.


Selain itu, penjualan serial anime dalam bentuk DVD dan Blu-ray akan ditunda dari jadwal semula yang seharusnya tanggal 18 Desember. Sementera menunda rilis Noragami Aragoto, pihak produser akan mengganti suara adzan dalam serial anime tersebut.