Amien Rais : Ketimbang Bertikai Sesama Anak Bangsa, Segera Nasionalisasi Freeport


sangpencerah.id – Ketua DPR RISetyaNovanto tengah dirundung prahara papa minta saham. Kejagung dan MKD DPR tengah mengusut perkara ini, namun bagi eks Ketua MPR Amien Rais, hal ini hanyalah lelucon yang menggelikan.


“Ini tontonan lucu dan tidak masuk akal, karenanya James R Moffett telah tertawa terbahak-bahak bagaimana anak-anak bangsa kita bertikai tentang hak, tentang kepemilikan yang sesungguhnya milik bangsa (Indonesia),” kata Amien Rais, usai menggunakan hak suaranya dalam pilkada Sleman di TPS 73 Dusun Gandok, Pandean Sari, Condong Catur, Sleman, Rabu (9/12/2015).


Ketua Dewan Kehormatan PAN ini mengaku tak begitu memikirkan hasil pengusutan kasus ‘Papa minta saham’ di MKD DPR RI. Dia justru akan menemui ketua DPR RI bahas kontrak Freeport saat sidang MKD telah rampung.


“Apapun hasilnya MKD tak masalah,” ujar Amien.


Menurutnya, masalah perpanjangan kontrak Freeport lebih penting untuk dipikirkan.


“Ada yang lebih penting. Ada perampokan legal oleh Freeport. Freeport menghabisi Jayawijaya, mengapa dibiarkan,” tuturnya.


Untuk itu, kata Amien, setelah sidang MKD rampung, dia berencana akan mendatangi pimpinan DPR RI. “Setelah MKD sudah usai, saya akan datang ke pimpinan DPR, apakah (kontrak Freeport) perlu diteruskan. Sudah saatnya untuk menasionalisasikan Freeport,” kata Amien. (dtk/sp)