Pro Kontra Penggunaan Bendera Perancis di PhotoProfil Facebook


Sangpencerah.com – Pasca terjadinya peristiwa teror di Paris Perancis yang menewaskan ratusan orang berbagai reaksi bermunculan termasuk di media sosial. banyak yang bersimpati terhadap aksi teroris ini dengan mengecam dan melakukan hal – hal yang menunjukkan simpati mereka.
Yang lagi booming adalah banyaknya pengguna facebook yang menggunakan photo profil bendera perancis sebagai wujud simpati terhadap tragedi tersebut , hal ini tak lepas menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.
Kelompok pertama menganggap penggunaan photo profil itu berlebihan karena di waktu yang lain banyak tragedi kemanusiaan yang ada di belahan bumi lain termasuk indonesia namun wujud empati yang diberikan tidaklah sebesar ketika terjadi tragedi teror di Paris.
Salah satunya akun FB Ma’mun Murod Al HAbsyi yang juga Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta menulis
RENUNGAN KEADILAN: Masih soal Tragedi Paris. Bahwa kita mengecam tragedi biadab Paris itu iya n hrs, siapapun pelakunya n brapapun jumlah korbannya. Namun saya kadang merenung: Brapa sih korban tragedi Paris? Dunia hebohnya luar biasa. Tapi skedar bertanya, brapa juta penduduk Afrika (yang dijajah Prancis dr Aljazair, Chad, Mauritania, Senegal, Maroko dll) yang berhasil dibunuh Prancis selama menjajah negara2 tsb? Brapa penduduk Asia yang dibunuh Inggris selama mrk menjajah? Brapa penduduk Indonesia yang dibunuh Belanda selama menjajah Indonesia? Lalu sekarang negara2 penjajah ini seakan merasa diri sbg negara yang beradab n suci. Sekedar bertanya aja lho.
kemudian di kesempatan lain ia juga mengomentari fenomena pengguna facebook yang menggunakan bendera perancis sebagai foto profilnya
 

JANGAN LEBAY LAH. Kok sptnya terlalu berlebihan menyikapi tragedi Prancis lalu ramai2 pasang bendera Prancis. Ikut mengutuk sdh lbh dr cukup. Proporsionallah. Sampe skrng ratusan penduduk Rohingya dibunuh ga jg pasang bendera Myanmar, belum lama ada bom di Turki yang jg menewaskan lbh dr 100-an orang jg ga pada pasang bendera Turki. Giliran bom Prancis rame pasang bendera. Kok spt aneeeeeh aja.


 Sedangkan kelompok kedua menyatakan apa yang mereka lakukan memasang bendera perancis di akun facebook mereka adalah hal yang wajar – wajar saja sebagai wujud empati dan solidaritas terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi seperti apa yang disampaikan oleh penggiat MER-C dr Jose Rizal melalui akun FBnya 
SIKAP KITA SEBAGAI MANUSIA TERHADAP KORBAN PEMBUNUHAN
Ada yg tidak mau atau enggan berduka terhadap korban pembunuhan massal di Paris, Perancis..
Mereka mencoba membandingkan dg korban di Palestina dan Syria..
Mereka menyebut orang2 yg simpati terhadap korban2 Paris, sebagai ORANG YG LATAH

Tentu seharusnya kita BERDUKA dan SIMPATI terhadap korban2 di Palestina, Syria, Myanmar, Afghanistan, Iraq, Libya dan DIMANA SERTA SIAPA SAJA.

TIDAK PANTAS MEMBEDA-BEDAKAN SIAPA dan DIMANA KORBAN

Islam TIDAK MENGAJARKAN Jihad yg membunuh orang TIDAK IKUT PERANG dalam JIHAD QITAL

KECINTAAN kita terhadap agama dan KEBENCIAN terhadap suatu kaum, TIDAK MEMBUAT KITA BERLAKU TIDAK ADIL

Lalu apakah anda setuju atau tidak soal penggunaan bendera perancis di akun facebook sebagai wujud empati terhadap tragedi di Paris, silahkan anda menilai masing – masing.(sp)