Pemuda Muhammadiyah Kendal Gelar Dialog Anti Korupsi Bersama Busyro Muqoddas

Sangpencerah.com. – Kendal – Membicarakan masalah korupsi di tanah air tercinta, Indonesia selalu menarik dan tidak akan selesai. Apalagi jika nara sumbernya dari tokoh yang berkompeten dan pernah menjabat di lembaga antirasuah.

Adalah Dr. H.M. Busyro Muqoddas, SH, M. Hum, mantan ketua KPK yang kini menjabat sebagai ketua PP Muhammadiyah periode 2015 – 2020 berbicara blak – blakan tentang korupsi yang melanda Indonesia, para koruptor tidak memiliki akal sehat, alias gila.

“  Para koruptor termasuk golongan orang – orang yang sakit jiwa. Mereka berani menukar iman dan mencari Tuhan yang baru, yaitu materi duniawi “ kata beliau di hadapan Pemuda Muhammadiyah se Kabupaten Kendal.

Kegiatan yang dikemas dalam Dialog Kebangsaan (DK) dengan tema “ Masa Depan Pemberantasan Korupsi di Indonesia “ digagas oleh PD Muhammadiyah Kendal, Jawa Tengah.

Alumni PP IPM tersebut merasa prihatin terhadap banyaknya kasus korupsi yang melanda Indonesia, dan mereka adalah orang – orang Islam.

“ Sebagai orang Islam mestinya mengetahui, bahwa tindakan korupsi termasuk menyalahi norma agama “ imbuhnya.

Tindakan korupsi akan berdampak pada rusaknya bangunan keluarga, dan berimbas pada istri dan anak – anaknya.

“ Imbas terdekat dari perilaku korup adalah rusaknya rumah tangga. Istri dan anak – anak menanggung beban malu, karena ayahnya seorang koruptor “.

Tidak jarang para koruptor ketika berkomunikasi dengan teman – temannya menggunakan kata – kata Islami, seperti assalaamu’alaikum, alhamdulillah, subhanalla, dan kalimat Islam lainnya.

“ Mereka tidak sadar dan tidak malu pada agamanya. Para koruptor telah menggunakan kata salam, tahmid dan tasbih. Padahal kalimat itu adalah kalimat agung yang ditujukan kepada Tuhannya, tetapi justru keluar dari mulut koruptor “ jelasnya.
 
Kegiatan Dialog Kebangsaan diawali dengan pelantikan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah di empat ( 4 ) cabang, yaitu Boja, Pegandon, Sukorejo dan Brangsong. Turut hadir di tengah – tengah acara ketua PDM Kendal, H. Muslim, ORTOM tingkat daerah,  PCM se Kab. Kendal dan mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. H. Khoiruddin Bashori.
“ Kami keluarga besar Muhammadiyah memberi apresiasi kepada PD Pemuda Muhammadiyah Kendal yang telah peduli dengan menggelar kegiatan yang mampu member pemahaman tentang korupsi sebagai bahan renungan bersama “ ujar ketua PDM Kendal.