Muswil Muhammadiyah Jatim Gunakan Pemilihan Elektronik

Sangpencerah.com – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-15 di di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 14-15 November 2015.

Hajatan akbar Muhammadiyah Jawa Timur itu akan dibuka secara resmi Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada Sabtu (14/11) dan dijadwalkan ditutup Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni.

Pada Muswil ke-15 Muhammadiyah Jawa Timur, panitia mulai memberlakukan sistem pemilihan elektronik untuk memilih 13 pimpinan periode 2015-2020.

”Pemilihan dan rekapitulasi menggunakan pemungutan suara elektronik sehingga otomatis hasilnya langsung diperoleh saat itu juga,” ujar Sekretaris PW Muhammadiyah Jawa Timur Nadjib Hamid kepada wartawan di Surabaya, Jumat (13/11).

Sebanyak 1.200 peserta muswil akan memilih 13 orang dari 54 calon yang sudah terverifikasi dan berhak dipilih memimpin ormas Islam terbesar kedua di Jatim tersebut.

Teknis pemilihannya, lanjut Nadjib, 15 layar sentuh sudah disiapkan panitia pemilihan dan seorang peserta diwajibkan memilih 13 nama sehingga pemilihan yang digelar di hari pertama pelaksanaan sudah dapat diketahui hasilnya dalam jangka waktu dua jam.

Peserta Muswil Muhammadiyah ini berasal dari 12 orang PWM Jawa Timur, 14 pimpinan wilayah organisasi otonom, 38 orang ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, perwakilan utusan daerah, ditambah lebih dari 900 orang utusan Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Jawa Timur.

Sebenarnya anggota PWM berjumlah 13, tetapi ada salah seorang pimpinan yang sudah meninggal dunia sehingga sekarang 12 orang, ungkap Nadjib.

Pemilihan menggunakan sistem pemungutan suara elektronik ini, kata dia, sebenarnya pernah dilakukan ketika muswil periode sebelumnya. Namun, kali ini lebih disempurnakan dan kualitasnya terjamin sehingga lebih hemat serta meminimalkan kegaduhan.

Ini juga sebagai bentuk bukti dari kami sebenarnya sistem pemilihan umum di negara ini sudah mampu menggunakan pemilihan elektronik, kata mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur tersebut.

Pihaknya berharap agar acara Muswil ke-15 Muhammadiyah Jawa Timur itu berjalan sukses dan lancar. Kami mohon doa restu kepada warga Muhammadiyah, pada khususnya dan seluruh masyarakat pada umumnya agar pelaksanaan muswil kali ini berjalan lancar dan sukses, tuturnya. (sp/rol)