Kepala SD Muhammadiyah Plus Salatiga Sabet Juara 1 Tingkat Nasional

Sangpencerah.com – Alhamdulillah, atas ridho Allah kepala sekolah SD Muhammadiyah Plus Salatiga mendapat juara 1 sebagai kepala sekolah SD berprestasi tingkat nasional. Setelah sebelumnya berbagai prestasi sekolah diraih melalui siswa-siswinya, kini prestasi membanggakan ditingkat nasional kembali ditorehkan melalui kepala sekolahnya. 

Pemenang 1 Kepala SD Berprestasi 2015 Juni lalu, Kepala SD Muhammadiyah Plus Salatiga, Sutomo, M.Ag, dinyatakan sebagai Kepala SD Berprestasi Tingkat Jateng, dalam seleksi yang berlangsung di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Srondol Semarang. Berikutnya ia pun mewakili Jateng pada level nasional. Berbagai persiapan telah dilakukan pria yang kerap dipanggil Pak Tom ini. Mulai dari mempersiapkan portofilio, materi presentasi, dan lainnya. 

Sutomo juga harus belajar banyak dengan sejumlah kepala sekolah senior, baik lintas sekolah maupun lintas kabupaten/kota. Ia pun aktif berdiskusi dengan senior-senior yang pernah mengikuti ajang serupa. Tidak hanya itu, pengetahuan tambahan harus dilakukan, dengan cara memperbanyak membaca buku dan membuka literatur berbagai ilmu pengetahuan. Sembari melakukan persiapan tersebut, pria kelahiran Kabupaten Kudus tersebut, tidak meninggalkan tugas utamanya sebagai kepala sekolah. Sutomo juga disibukkan dengan rencana p e m b a n g u n a n gedung SD Muhammadiyah Plus yang baru di Jalan Yudistira Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti.

Gb. Sutomo M.Ag (paling kanan)
Akhirnya perjuangan gigih kepala sekolah ini mendapatkan hasil yang menggembirakan. Sabtu, 21 November 2015 ia dinobatkan Menteri Pendidikan Nasional, Anis Baswedan, sebagai juara 1 kepala sekolah berprestasi tingkat nasional. “Saya sangat terharu, awalnya saya mengira bahwa ini hanyalah mimpi, tapi harapan saya ternyata menjadi kenyataan, semua atas berkat rahmat Allah SWT”, demikian ungkapan haru kepala sekolah yang sangat kreatif ini. Beliau berharap prestasi ini menjadi pemicu semangat bagi dirinya pada khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya dalam membangun bangsa melalui dunia pendidikan.

Kontributor: Juwita Ayu